Pemerintah Kabupaten Rembang

1.090 Pemilih Pemula Telah Lakukan Perekaman KTP Elektronik

Perekaman KTP Elektronik bagi pemilih pemula untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar pada November mendatang terus dipercepat. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Rembang hingga saat ini telah melakukan jemput bola ke 27 sekolah SMA/MA sederajat untuk mendukung perekaman tersebut.

Kepala Dindukcapil Rembang, Suparmin, menyampaikan bahwa hingga pertengahan Oktober 2024, perekaman telah dilakukan di 18 sekolah. Sebanyak 1.090 pemilih pemula telah tercatat melakukan perekaman dalam kegiatan itu.

Masih terdapat 9 sekolah lagi yang akan disasar sebelum Pilkada berlangsung. Dindukcapil menargetkan sedikitnya 1.782 pemilih pemula dari 27 sekolah dapat menyelesaikan perekaman KTP Elektronik tepat waktu.

“Target kami sebelum tanggal 27 November 2024 semuanya harus sudah terekam, biar mereka bisa menggunakan haknya untuk Pilkada 2024 ini,” ujar Suparmin.

Suparmin juga menyampaikan bahwa pihaknya rutin melakukan sinkronisasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang setiap pekan. Hingga 4 Oktober 2024, tercatat masih ada 2.259 orang yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik. Jumlah tersebut termasuk lansia dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

“Jemput bola itu tidak hanya untuk pemilih pemula (pelajar), tetapi juga bagi lansia yang belum memiliki KTP. Kami juga mengadakan jemput bola di panti jompo (griya lansia) dan mencakup ODGJ, karena hak-hak mereka harus terpenuhi. Terutama untuk akses layanan BPJS dan sebagainya, di samping hak pilih untuk Pilkada,” pungkasnya. (re/rd/kominfo)

Exit mobile version