Pemerintah Kabupaten Rembang

2020, Pemkab Mulai Bangun Gapura – Gapura di Perbatasan

Pemkab Rembang akan membangun gapura- gapura di perbatasan 2020 mendatang. Pasalnya saat ini di perbatasan Rembang Pati di jalur pantura Kaliori, perbatasan Rembang Blora di jalur selatan kecamatan Bulu dan perbatasan Rembang Tuban (provinsi Jawa Timur) di kecamatan Sale belum ada gapura identitas pintu masuk / keluar kabupaten Rembang.
 
Bupati Rembang H.Abdul Hafidz mengatakan saat ini memang masyarakat menginginkan pembangunan ikon kota yang bagus. Seperti di Kabupaten tetangga seperti Pati dengan Tugu Bandengnya dan Monumen Gerbang Kudus Kota Kretek yang menyerupai daun tembakau.
 
“Nanti tahun 2020 fokus membuat tugu gapura pembatas kabupaten. Dari barat, timur dan dari selatan kita bikin gapura masuk kabupaten Rembang. Itu menjadi agenda saya tahun 2020. Yang hari ini, masih dicibiri media sosial, saya ndak apa-apa,” imbuhnya.
 
Bupati menambahkan untuk perbatasan Kabupaten Rembang dengan Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur di kecamatan Sarang sudah dibangun gapura tugu perbatasan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, sehingga Pemkab tidak akan membangun di sana.
 
Terkait tugu PKK di tengah perempatan galonan yang sejumlah warga ingin tugu tersebut ditiadakan, Bupati menyambut baik ide tersebut. Rencananya tugu tersebut dan juga tugu di depan masjid Pamotan akan dibongkar 2019 ini, namun tetap akan melakukan koordinasi dengan pihak – pihak terkait terlebih dulu.
 
“Ada tugu yang akan kita bongkar 2019 ini, tugu di perempatan galonan dan tugu depan masjid pamotan. 2018 kita sudah membongkar tugu di Sedan. InsyaAllah kita akan koordinasikan dengan baik, sehingga jangan sampai melukai ide atau gagasan yang dulu- dulu,” tuturnya.
 
Sedangkan masukan masyarakat agar ikon buah kawis yang menjadi buah khas Rembang dapat ditampilkan di tugu atau salah satu gapura yang akan dibangun, Bupati mengakomodir agar bisa ditempatkan di salah satu gapura perbatasan.
 
Sedangkan tentang tugu di depan pasar Rembang, merupakan tugu yang ingin menonjolkan bahwa Rembang juga memiliki produk khas batik tulis Lasem. Jika dinilai kurang, bagus nantinya akan ditata lagi.
Exit mobile version