Pemerintah Kabupaten Rembang

40 Ribu Bidang Tanah Jadi Sasaran Program PTSL

Badan Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Rembang mensosialisasikan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di aula lantai 4 Kantor Bupati Rembang, Kamis (1/2/2018). Kegiatan dihadiri oleh Kepala Desa, Camat yang wilayahnya menjadi sasaran program tersebut, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Bupati Rembang H.Abdul Hafidz dalam kesempatan itu berharap program tersebut bisa berjalan lancar, terlebih dengan kuota 40 ribu bidang tanah terserfikatkan dalam satu tahun ini belum pernah terjadi sebelumnya di Rembang. Dukungan dari berbagai pihak dibutuhkan seperti Kades dan Camat.

Dengan semakin banyaknya tanah masyarakat yang bersertifikat tentu akan membawa dampak positif. Diantaranya dampak ekonomi dan sosial.

“Program ini akan membawa dampak positif bagi masyarakat, baik dampak ekonomi maupun sosial. Kemudian sertifikat tanah ini bisa digunakan masyarakat untuk mengembangkan usahanya atau tambahan modal,” katanya.

Lebih lanjut Bupati menuturkan pemerintah selalu ingin mengakomodir lebih banyak tanah yang bersertifikat. Untuk itu desa yang sudah siap namun belum terakomodir tahun 2018 ini bisa mendaftar ke BPN untuk tahun 2019 mendatang.

Selain itu Bupati juga mengingatkan bahwa meskipun program PTSL ini dibiayai oleh APBN, namun ada biaya lain diluar itu yang mana menjadi tanggung jawab pemerintah desa. Seperti biaya patok dan lainnya harus sesuai.

Kepala BPN Rembang, Ronald F.P.M Lumban Gaol menyebutkan ada 30 desa yang tersebar di enam kecamatan menjadi sasaran PTSL tahun ini. PTSL tersebut juga menyasar UKM, perikanan tangkap dan budidaya selain.

BPN Rembang ditarget sebanyak 40 ribu bidang tanah dalam waktu lima bulan atau sampai bulan Juni 2018 mendatang. Tahun 2017 BPN telah menyelesaikan target 17 ribu bidang tanah.

Ke 30 desa dari enam Kecamatan yang menjadi sasaran PTSL tahun 2018 ini yakni wilayah kecamatan Sumber diantaranya Sekarsari, Rukem, Bogorame, Polbayem, Kedungtulup, Kedungasem, Jadi, Grawan dan Bogorejo, Jatihadi. Untuk Kaliori meliputi desa Karangsekar, Sambiyan, Dresi Wetan, Maguan, Kuangsan. Wilayah kecamatan Sulang yakni desa Karangsari, Landoh, Sulang, Tanjung, Kemadu, Kunir, Pedak, Seren dan Kerep, Untuk Kecamatan Pamotan diantaranya Sendangagung, Japerejo, Mlagen, Tempaling dan satu dari Kecamatan Bulu yaitu Lambangan Weta serta desa Narukan Kecamatan Kragan.

Exit mobile version