Pemerintah Kabupaten Rembang

Anak SD Mondoteko Juara Dongeng Tingkat Jateng

Rendi Dwi Aditya , Siswa kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri Mondoteko, Kecamatan Rembang berhasil membawa nama baik Rembang di tingkat Jawa Tengah. Putra pasangan Slamet dan Ngatini itu menyabet juara 1 lomba bercerita tingkat provinsi Jawa Tengah, yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional, pada hari senin (8/4) kemarin.

Kepala SD Negeri Mondoteko, Maria Aris Wijayanti melalui Guru pembimbing, Abdul Amin mengatakan cerita yang diangkat dalam lomba bercerita yaitu asal muasal Sendang Brubulan, cerita legenda asal kecamatan Sale yang bercerita tentang Sunan Bonang, mempunyai seorang santri bernama Umbuljati. Mereka berdua menyebarkan agama Islam di tanah Jawa di sebuah daerah yang tandus.

“Ceritanya  Ketika masuk waktu Zuhur. Mereka mau cari air untuk berwudlu. Lalu, menyuruh Umbuljati mencari air. Lama… sekali, nggak kembali-kembali. Nggak ngedapetin air. Akhirnya, ada 1 mata air yang didapatkan Umbuljati. Tapi karena saking senengnya Si Umbuljati sehingga lupa kalau air itu mau dipakai untuk berwudlu. Seketika dia langsung loncat, mencebur, berendam, gopak di dalam Sendang tersebut. Mengetahui hal itu Sunan Bonang kecewa. Bergumam. Orang lihat air kok kayak begitu, berendam nggak selesai-selesai. Tiba-tiba Umbuljati berubah seperti Bulus,” imbuhnya

Abdul Amin menjelaskan pesan yang ingin disampaikan dari cerita itu, agar tidak grusa-grusu. Jangan ceroboh, jangan gegabah ketika sedang melaksanakan sesuatu. Sebelum bertindak harus hati-hati. Karena kecerobohan akan berakibat buruk.

Ia menerangkan prestasi ini merupakan prestasi ke-4. Karena  prestasi serupa pernah diraih oleh SD Mondoteko pada tahun 2014, 2015 dan tahun 2018.

Exit mobile version