Pemerintah Kabupaten Rembang

Atikoh Ganjar Pranowo Minta Perempuan Jangan Takut IVA Tes

????????????????????????????????????

Atikoh Ganjar Pranowo Istri Gubernur Jawa Tengah yang juga selaku Ketua Dewan Penasehat Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Provinsi Jawa Tengah mengunjungi Puskesmas Rembang 1 dan Puskesmas Rembang 2 sebelum resepsi puncak peringatan Hari Kartini ke 140 dimulai, Kamis (25/4/2019).
 
Didampingi Ketua Dewan Penasehat GOW Rembang Hj. Hasiroh Hafidz dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Rembang, Vivit Bayu Andriyanto, Atikoh meninjau beberapa layanan kepada perempuan seperti ke ruang pemeriksaan payudara klinis untuk deteksi kanker payudara dan ruang pemeriksaan deteksi kanker serviks melalui IVA Tes.
 
Atikoh juga berbincang dengan beberapa pasien wanita yang akan memeriksakan Ifa. Termasuk kepada ibu- ibu hamil yang akan memeriksakan kandungannya.
 
Seusai meninjau dan berbincang dengan pasien, Menurutnya sosialisasi deteksi dini kanker leher rahim di Rembang sudah baik.
 
“Tadi saya survei secara acak untuk Ifa tes ada yang baru pertama kali dan ada yang sudah pernah. Gambaran saya disini sosialisasi deteksi dini kanker leher rahim sudah baik, karena sudah ada yang datang rutin dan yang baru katanya mereka sebelumnya malu dan takut kalau ketahuan penyakitnya,padahal kalau penyakit diketahui sejak dini bisa dilakukan pengobatan secara dini, “ terangnya.
 
Ia menghimbau kepada ibu –ibu untuk tidak usah takut ataupun malu melakukan Ifa Tes. Agar bisa mengetahui kesehatan alat reproduksi. Selain itu masyarakat bisa mendapat bekal bagaimana melakukan Sadari untuk menjaga kesehatan.
 
Ada ratusan pasien yang hari ini melakukan pemeriksaan IVA tes dan Papsmier. Salah satu pasien dari Desa Waru, Jumiati mengaku sudah ketiga kalinya ini ikut IVA tes.
 
“Ternyata tidak menakutkan seperti yang saya kira awalnya. Petugasnya juga perempuan semua jadi tidak usah malu,” pungkasnya.
Exit mobile version