Pemerintah Kabupaten Rembang

Bantuan Puluhan Alsintan Disalurkan Untuk Tingkatkan Keuntungan Petani

Pemkab Rembang menyerahkan sejumlah bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada petani, Senin (22/3/2021). Bantuan berupa 22 kendaraan roda tiga, mesin pemipil jagung roda 2 3 unit,pemipil jagung roda 3 5 unit dan 3 unit mesin pencacah rumput atau cooper tersebut dapat membantu petani untuk mengurangi biaya operasional.

Usai mencoba bantuan mesin pemilih jagung roda tiga, Bupati Rembang H.Abdul Hafidz mengatakan pemkab terus berupaya modernisasi pertanian terus diterapkan semua petani. Untuk itu bantuan Alsintan secara bertahap terus dilakukan.

Bupati juga menegaskan bantuan tersebut harus dimanfaatkan untuk kelompok bukan perseorangan.

“Semoga penyaluran ini tepat pada waktunya. Bantuan ini untuk dimanfaatkan kelompok bukan perseorangan, sehingga kelompok ini merasakan manfaatnya semua, ini di kelola secara profesional sehingga nanti ada biaya yang dikeluarkan untuk kelompok itu sendiri guna ongkos oprasional dan perawatan, ” tegasnya.

Plt. Kepala Dinas Pertanian Agus Iwan Haswanto menambahkan pemerintah harus mendampingi petani agar mampu memanfaatkan sumberdaya secara optimal dan meningkatkan efisiensi usaha pertanian. Sehingga petani mampu bersaing dalam harga pasar.

“Melalui bantuan mekanisasi pertanian baik pra maupun pasca panen dapat membantu memanfaatkan waktu tanam, karena tertabasnya ketersediaan air, mengurangi tenaga kerja dan menjaga kualitas hasil panen. Serta memanfaatkan limbah pertanian untuk pakan ternak, sehingga budidayanya akan memberikan hasil sepadan.”

Eko Hadi mewakili Kelompok tani ternak Subur Desa Meteseh Kecamatan Kaliori mengaku bersyukur mendapatkan bantuan mesin pencacah rumput yang bisa digunakannya untuk menggiling limbah pertanian menjadi butiran kecil.

“Yang dicacah biasanya janggel, bonggol ketela, nanti keluarannya kecil- kecil yang nanti difermentasi untuk pakan ternak. Limbah- limbah ini biasanya terbuang, dibakar , kalau pakai ini untuk limbah sudah bisa dimanfaatkan, ” ungkapnya.

Selain mesin pertanian , Pemkab juga menyalurkan bantuan dua jenis bibit tanaman pangan. Diantaranya 5000 kg bibit kacang hijau untuk 200 hektar dan 7875 kg bibit padi untuk 315 hektar.

Exit mobile version