Pemerintah Kabupaten Rembang

Bayi Lahir di RSU dr.R.Soetrasno Pulang Bawa Akta Kelahiran

Bayi yang lahir di rumah sakit umum dr.R.Soetrasno Rembang akan langsung mendapat akta kelahiran. Kepastian tersebut setelah bersamaan dengan peresmian gedung perawatan baru, RSU dr.R.Soetrasno juga resmi menjalin kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) kabupaten Rembang,Sabtu (11/2/2017).

Kepala Dindukcapil kabupaten Rembang, HM.Daenuri mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat ,termasuk dalam pengurusan akte kelahiran. Untuk yang pertama bagi bayi yang dilahirkan di rumah sakit dr.R.Soetrasno dan akan terus dikembangkan.

“Ke depan, lahir mendapat akte juga akan kami kembangkan di semua puskesmas melalui dinas kesehatan. Selain puskesmas kami juga akan bekerja sama dengan rumah sakit-rumah sakit swasta,”ujarnya.

Ia menjelaskan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh orang tua bayi yakni akte nikah orang tua yang dilegalisir,Kartu Keluarga (KK) dan di fotocopy dua lembar. Kemudian berkas tersebut diserahkan ke pihak rumah sakit yang selanjutnya petugas dari Dindukcapil mengambil dan hasil akte kelahirannya diserahkan kepada pihak rumah sakit untuj kemudian diberikan kepada orang tua bayi,semuanya gratis.

Lebih lanjut pihaknya mengharapkan kerjasama jajaran rumah sakit dan puskesmas untuk kelancaran program baru tersebut. Terkait antar jemput pengurusan akte Dindukcapil akan menjalin kerjasama dengan PT.Pos Indonesia.

Sementara itu Sutamin warga desa Karangsekar Kecamatan Kaliori yang menjadi sasaran pertama program tersebut mengaku sangat terbantu dengan layanan pembuatan akte kelahiran baru itu. Dirinya tidak perlu pergi ke kantor Dindukcapil lagi.

“Sangat terbantu mas. Kita tidak perlu riwa-riwi lagi cukup menyiapkan syarat-syaratnya untuk kita serahkan ke rumah sakit,”pungkas ayah dari Siti Nihayatun Nikmah yang baru lahir 8 Februari lalu.

Dalam MoU program Akte Kelahiran di rumah sakit tersebut juga disaksikan oleh Bupati Rembang,H
Abdul Hafidz,S.Pdi, Wakil Bupati Rembang,Bayu Andriyanto,SE,Sekda Rembang  Drs.Subakti. Sebagai tanda dimulainya program pro rakyat itu Bupati menyerahkan akte kelahiran kepada tiga orang tua yang belum lama ini bayi mereka lahir di RSU dr.R.Soetrasno.(Bagian Humas Setda Rembang)

Exit mobile version