Pemerintah Kabupaten Rembang

Berkah  Jelang Lebaran , Ratusan Kelompok Tani Dapat Bantuan Alsintan dan Bibit

Menjelang hari raya Idul Fitri 1.444 Hijriyah Ratusan Kelompok Tani di Kabupaten Rembang mendapatkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) , Rabu sore (12/4/2023). Hal itu seperti berkah tersendiri bagi petani untuk ke depannya dalam menggarap lahan pertanian.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz didampingi Wakil Bupati Mochamad Hanies Cholil Barro’ dan Kepala Dintanpan Agus Iwan Haswanto di halaman kantor Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang.

Tak hanya traktor dan rotary saja, bantuan juga berwujud perajang tembakau hingga bibit tanaman seperti jagung, dan durian. Rinciannya traktor roda 2 dengan jumlah 107 unit , rotary  35 unit, cultivator  99 unit , pompa Air 17 unit , Hand Sprayer 32 Unit, kendaraan Roda 3 sebanyak 32 unit, perajang tembakau 41 Unit.

Kemudian bantuan berupa bibit, masing- masing Kelapa 425 batang, bibit jagung 11.250 kg untuk 750 ha dan bibit Durian dengan jumlah 200 Batang untuk 2  hektar.  Yang terbaru yakni bantuan premi asuransi BPJS Ketenagakerjaan untuk satu musim tanam kepada 363 kelompok tani.

Nasikin perwakilan Kelompok Tani Sidodadidari Desa Woro Kecamatan Kragan yang mendapatkan bantuan traktor mengungkapkan terimakasih atas bantuan tersebut, terlebih kelompoknya belum memiliki traktor sendiri.

“Saat ini lawan pertanian ditanami padi dan jagung, kelompok kami ada sekitar 40an anggota. Nanti bisa mempercepat pengolahan lahan pertanian, ” ungkapnya.

Kepala Dintanpan Rembang, Agus Iwan mengatakan peranan Alsintan secara mekanis sangat penting untuk mendukung kenaikan produksi pangan. Oleh karena itu alsintan sangat membantu keberhasilan pembangunan pertanian utamanya di Kabupaten Rembang.

Agus Iwan menambahkan pengelolaan dan perawatan alat dan mesin pertanian yang baik dapat memperpanjang umur ekonomi serta penggunaannya. Oleh karena itu, pemberian bantuan harus diimbangi dengan pendampingan pengelolaan dan pemanfaatan yang masif.

“Pemanfaatan Alat dan mesin pertanian di tingkat kelompok menjadi hal yang wajib dilakukan dan menjadi tanggungjawab pengurus kelompok untuk bisa memakmurkan anggotanya,” imbuhnya.

Pengadaan Alat dan mesin pertanian dan bantuan lain bersumber dari APBD Kabupaten Rembang, APBD  dan Provinsi  Jawa Tengan tahun anggaran  2023.

Bupati Rembang usai menyerahkan alsintan kepada petani menyampaikan bahwa ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Pasalnya dengan alsintan petani dapat lebih cepat mengolah lahan.

“Alsintan ini bisa untuk mengolah lahan cepat dan murah, nah nanti bisa sukses.Apalagi pada cuaca ekstrim, ini harus diwaspadai ,” tuturnya.

Bupati menyebut di Rembang sudah ada 32 ribuan hektar lahan yang telah panen. Rata- rata hasil panennya 6 – 7 ton per hektar. (Mif/Rud/ Kominfo)

Exit mobile version