Pemerintah Kabupaten Rembang

Berkomitmen Percepat  PTSL

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Rembang  memperingati Hari Lahirnya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA) ke- 62, dengan menggelar upacara di halaman kantor setempat, Senin (26/9/2022).

Bupati Rembang H.Abdul Hafidz membacakan naskah pidato Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/Kepala BPN), Hadi Tjahjanto Pada peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2022 ini mengusung tema “Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Cepat, Berkualitas dan Tangguh” akan mewujudkan percepatan transformasi digital dalam sistem pelayanan publik, pengaduan, perizinan, penanganan masalah, dan database yang akan memberikan layanan kepada masyarakat yang transparan, cepat, efektif, dan efisien.

Dalam amanatnya Menteri ATR/Kepala BPN memang mengingatkan mengenai tugas yang sudah diamanatkan oleh Presiden Republik Indonesia yaitu yang Pertama mengenai percepatan pendaftaran tanah melalui
PTSL.

Kedua, mengenai penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan dengan Reforma Agraria serta pemberantasan Mafia Tanah. Ketiga, mengenai dukungan untuk pecepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Rembang Muhammad Nurdin berkomitmen meningkatkan pelayanan masyarakat. Salah satunya dengan menjawab tantangan zaman yang semakin canggih , yaitu transformasi digital.

Selanjutnya terkait program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), pihaknya akan mempercepat penyelesaian.

“Kemudian tentang PTSL , Kita akan percepat bagaimanapun caranya. , ” ujarnya.

Tahun 2022 ini Kabupaten Rembang mendapat kuota PTSL sebanyak 36.500 bidang. Dipastikan  akhir tahun ini puluhan ribu bidang sudah terdaftar semua.

Kemudian masalah sengketa dan konflik pertanahan, Pihaknya akan memaksimalkan pendekatan persuasif. Membangun sinergi dengan berbagai pihak.

“Kita jalin sinergitas dengan tokoh masyarakat, dengan pemerintah daerah, ” tuturnya.

Dalam tengah- tengah upacara, Bupati didampingi Kepala BPN menyematkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kantor Wilayah BPN Rembang. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version