Pemerintah Kabupaten Rembang

Buka Gebyar Syawalan, Bupati Dorong TRP Kartini Tak Kalah Dengan Yang Lain

Pesta Gebyar Syawalan di Taman Rekreasi Pantai (TRP) Kartini, hari Selasa (11/6) dibuka oleh Pemkab Rembang. Kegiatan yang dilaksanakan di depan pintu masuk bagian tengah itu, dibuka secara langsung oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang, Dwi Purwanto mengatakan digelarnya pesta syawalan untuk melestarikan budaya dan tradisi tahunan pada bulan syawal, memberikan sarana hiburan bagi masyarakat sekaligus merayakan lebaran secara massal dan meningkatkan arus kunjungan wisatawan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Dwi Purwanto menambahkan dalam kegiatan gebyar syawalan yang digelar selama 10 hari mulai tanggal 5 hingga 14 juni pihak panitia menyediakan 36 kapling yang ditempatkan di depan kantor Sekretariat Daerah (Setda) Rembang, di Jalan Diponegoro dan di halaman parkir  serta di dalam TRP Kartini.

“Jumlah kapling sebanyak 36 kapling dan terjual 36 kapling. Pedagang sebagian berasal dari kabupaten Rembang dan sebagian dari luar Rembang. Dengan jenis dagangan berupa gerabah, souvenir, kuliner / makanan kecil / oleh-oleh, baju, sepatu / sandal, boneka / mainan anak-anak, asesories dan lain-lain”. Bebernya.

Sementara itu Bupati mengharapkan kepada pengelola TRP. Kartini untuk memperbaiki managemen dan tampilan agar tidak kalah dengan tempat pariwisata lain di kabupaten Rembang yang dikelola desa.

“Untuk pengelola taman kartini ini supaya diperbaiki manajemennya, tampilannya ,biar tidak kalah dengan orang lain dan saya terimakasih kepada para pedagang yang berpartisipasi meskipun waktunya sebentar, ” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut diawali dengan arak-arakan pawai gunungan kupat (ketupat) dan lepet dengan diiringi musik tong tong klek dari depan kantor Setda Rembang menuju TRP. Kartini. Selanjutnya Bupati mengambil kupat dan lepet dari gunungan yang kemudian dibagikan kepada Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto dan kepala Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) yang hadir,  dilanjutkan pemotongan pita dan pecah kendi dan peninjauan lokasi.

Dalam kesempatan itu Bupati juga membeli tiket masuk ke dalam TRP Kartini. Bagi pengunjung yang ingin masuk ke dalam TRP Kartini bisa membeli tiket Rp.10 ribu rupiah dari mulai pagi hingga jam 6 malam, kemudian jam 6 sampai jam 9 malam cukup  Rp. 3 ribu .

Exit mobile version