Pemerintah Kabupaten Rembang

Bupati Hafidz Ingatkan Para Calon Jamaah Haji Untuk Santun di Tanah Suci

Ratusan calon jamaah haji dari Kabupaten Rembang mengikuti bimbingan manasik haji reguler tingkat Kabupaten Rembang tahun 2023 di gedung Haji, Senin (15/5/2023). Dalam kesempatan itu Bupati Rembang H. Abdul Hafidz memberikan pengarahan kepada 811 calhaj.

Bupat Hafidz menghimbau para calon jamaah haji dapat menjaga nama baik negara termasuk Kabupaten Rembang. Di tanah suci calon haji harus bisa menghargai orang lain, mengingat di sana akan bertemu dengan jamaah dari berbagai penjuru dunia yang berbeda karakter. “Saya titip nanti nama bangsa kita harus kita harumkan. Cara, perilaku yang panjenengan wonten mrika. Pokoke sing santun,” harapnya.

Abdul Hafidz yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kabupaten Rembang mendoakan agar calhaj menjadi haji yang mabrur.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Rembang, M. Kafit, dalam kegiatan itu mengatakan jumlah jemaah haji sebenarnya ada 934 orang. Namun karena beberapa faktor, sehingga tinggal 812. “Jumlah jemaah yang berhak melunasi tahun 1444 H / 2023 M ada 934 jemaah. Namun hingga tanggal 12 Mei 2023, yang sudah melunasi berjumlah 812 jemaah,” imbuhnya.

Berkurangnya jumlah calhaj selain karena belum bisa melunasi biaya menurut Kafit juga disebabkan pendaftar ketika dicari alamatnya ada, namun pendaftarnya tidak ada.

Ia menuturkan dari 812 jemaah yang sudah melunasi, ada yang mutasi masuk ke Kabupaten Rembang adalah  2 orang (dari Kabupaten Kendal dan kabupaten Blora). Dan yang mutasi keluar dari Kabupaten Rembang ada 3 orang. Sehingga jumlah total adalah 811 jemaah asal Rembang. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version