Pemerintah Kabupaten Rembang

Bupati Kunjungi Rukin warga Jadi Yang Rumahnya Terbakar

Pemerintah Daerah (Pemda) Rembang, hari sabtu (6/7) mendatangi Rukin, korban kebakaran di desa Jadi, RT 1 RW 2, kecamatan Sumber. Kunjungan kepada korban musibah itu dipimpin langsung oleh Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz.

Bupati mengatakan kedatangan ke korban kebakaran sebagai wujud untuk beramai-ramai membantu membuat rumah yang layak huni bagi orang yang terkena musibah kebakaran.

“Bantuan yang diberikan dari Pemda tadi 10 juta, dari Baznas 10 juta, dari PT. Semen Indonesia 10 juta. Belum dari desa ada 5 juta. Itu yang untuk konstruksi rumah. Belum dari masyarakat berupa tenaga kerja. Disamping itu untuk mengatasi kebutuhan sehari-hari dari UPK (eks PNPM kecamatan Sumber) juga membantu uang dan sembako. Dinas Sosial, PKK maupun dari BPBD juga turut membantu.”

Selain itu dengan kedatangan Pemkab Rembang mengunjungi korban kebakaran, menurut Bupati agar kesedihan yang dialami tidak sampai berlarut-larut. Sehingga kesedihan akibat musibah yang ada, harus berkurang bahkan hilang.

Sementara itu Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Sumber, Gunanto menghimbau dengan adanya berbagai pengalaman bencana kebakaran dan bencana yang lain, agar tidak terulang. Pihaknya meminta Pemerintah Desa, melalui Dana Desa supaya mengalokasikan anggaran untuk pencegahan kebakaran atau bencana lainnya seperti pelatihan dan simulasi penanganan bencana.

Kepala Desa Jadi, Warsito menjelaskan sebelumnya rumah milik Rukin mengalami kebakaran pada hari kamis (4/7) sekitar pukul 15.30. Dampak dari kebakaran itu mengakibatkan rumah beserta perabotan rumah tangga ikut ludes terbakar. Termasuk gabah kering 42 sak, tembakau sekira 7 bal dan uang tunai 750 ribu rupiah. Kerugian ditaksir mencapai 150 juta rupiah.

Exit mobile version