Pemerintah Kabupaten Rembang

Bupati Lepas Calon Haji Kloter 56 Menuju Embarkasi Solo

Ratusan calon jamaah haji asal Kabupaten Rembang mulai diberangkatkan Senin siang (22/7/2019) sekitar pukul 13.00 waktu setempat. Pelepasan jamaah haji dilakukan Oleh Bupati Rembang H Abdul Hafidz.
Sebelum diberangkat dari gedung haji yang berada di Kompleks Islamic Center di jalan Pemuda Rembang, mereka terlebih dahulu berkumpul di masing-masing kantor Kecamatan yang sudah ditunjuk oleh otoritas terkait.
Calon jamaah haji yang diberangkatkan hari ini tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 56. Mereka diberangkatkan dengan menggunakan bus, yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Rembang. Pemkab Rembang rencana akan memberikan fasilitas transportasi berupa bus keberangkatan dari Rembang menuju embarkasi Solo. Dan, saat kepulangan jamaah, dari Solo ke Rembang.
Kepala Kementerian Agama Kabupaten Rembang Athoillah Muslim mengatakan, ada satu jamaah yang gagal berangkat, karena harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.
Calon jamaah haji tersebut adalah Pasikan warga Desa Lodan Kulon Kecamatan Sarang. Ia divonis oleh dokter terkena gejala struk, sehingga disarankan untuk menunda keberangkatan sebagai calon haji Kabupaten Rembang pada musim haji tahun 1440 H / 2019 M.
Athoillah menambahkan, pihaknya baru mendapatkan kabar tersebut dari tim kesehatan calon jamaah haji, beberapa hari menjelang kebarangkatan.
“ Satu sakit, sementara dilakukan penundaan, karena sakit. Kalau tim kesehatan menyarankan untuk menunda kami tidak bisa apa-apa karena menyangkut kesehatan. Sebetulnya usianya belum terlalu tua, karena banyak yang lebih tua lagi. Kalau tahun depan sudah sehat mungkin kita berangkatkan lagi,” jelasnya.
Dalam kesempatan itu, Bupati Rembang H Abdul Hafidz mengaku, pihaknya sudah memberikan pendampingan, dokter dan tim kesehatan yang memadahi. Mengingat Calo jamaah haji asal Kabupaten Rembang yang diperkirakan 80 persen terdiri dari Lansia.
“Iya memang calon jamaah haji Rembang itu 80 Lansia. Oleh karena itu, kami menugaskan Dinas Kesehatan untuk mendampingi jamaah haji dengan dokter dan petugas kesehatan sesaui kebutuhan. Saya berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan selama ditanah suci. Jangan lupa jaga sikap selama di tanah suci,” katanya.
Jumlah jamaah haji yang tergabung pada Kloter 56, berjumlah 126 calon jamaah dari Blora, dan 229  calon jamaah dari Kabupaten Rembang. Mereka diberangkat dengan menggunakan 5 bus utama dan satu bus sebagai cadangan.
Sedangkan untuk calon jamaah haji yang tergabung dalam kloter 57 dan 58 akan diberangkatkan pada Senin malam sekitar pukul dini hari.
Rombongan Kloter 57 berjumlah 355 orang calon jamaah haji yang semuanya berasal dari Kabupaten Rembang. Jika satu orang gagal berangkat, maka Kloter ini akan berkurang satu menjadi 354 orang.
Untuk calon jamaah haji yang tergabung dalam Kloter 58, semuanya berjumlah 355 orang. Dengan rincian 30 orang jamaah dari Kabupaten Rembang, sedangkan  325 orang berasal dari calon jamaah haji dari Kabupaten Pati.
Dengan demikian, total jamaah haji asal Kabupaten Rembang yang akan berangkat tinggal 613 Calhaj, dengan didampingi 6 orang petugas pendamping haji. Kloter 57 dan 58 diberngkatkan menggunakan 8 bus utama dan 2 bus cadangan.
Exit mobile version