Pemerintah Kabupaten Rembang

Dirjen Peternakan dan Keswan Nilai KTTT Margomulyo Kemadu

Tim penilaian profil kelompok peternakan komoditas kambing tingkat nasional menilai Kelompok Tani Taruna Tani (KTTT) Margomulyo, desa Kemadu, kecamatan Sulang, Selasa (30/8/2017). Tim penilai dari Direktorat Jenderal Peternakan dan kesehatan hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia menilai semua aspek agribisnis mulai pembibitan, budidaya, pemberian pakan, pemeliharaan ternak, kesehatan hewan, penanganan penyakit, pencegahan penyakit, kebersihan kandang aman untuk penduduk sekitarnya dan pengolahan limbah.

Koordinator tim penilai, Maria Nunik Sumarni mengatakan untuk menjadi juara nasional, perwakilan provinsi Jawa Tengah ini harus bersaing dengan 10 provinsi lainnya. Diantaranya provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Lampung, Bali, Nusa Tenggara Barat, Riau dan Kalimantan Selatan.

Maria Nunik Sumarni menambahkan para pemenang lomba akan mendapatkan penghargaan dan hadiah uang pembinaan dari Presiden Republik Indonesia – Joko Widodo. Penyerahan hadiah akan dilakukan pada saat jambore peternak Indonesia, di Jakarta pada tanggal 22 September 2017.

Ketua Kelompok KTTT Margo Mulyo – Ragil Bambang Sumantri menjelaskan kelompok yang berdiri pada tahun 2006 mempunyai anggota sebanyak 26 orang, dengan jumlah kambing sebanyak 235 ekor.

“Di sini kami mengembangkan pembibitan dan penggemukan kambing. Selain itu KTTT juga membuka usaha pembuatan produk yang dihasilkan dari susu seperti susu murni pasteurisasi, susu rasa, yoghurt, yoghurt rasa, kefir, kefir rasa, masker kefir, sabun susu, sistik susu, kacang telur susu, peyek kacang susu, krupuk susu dan nugget susu,” terangnya.

Sebelumnya kelompok ini pernah meraih juara 2 lomba kelompok tingkat propinsi Jawa Tengah tahun 2010.  Kemudian tahun 2016, juara 1 lomba kelompok ternak tingkat propinsi Jawa Tengah dan penghargaan sepuluh ibu dan Wanita Cerdas Indonesia.

Exit mobile version