Pemerintah Kabupaten Rembang

Ditemui Puluhan Penyandang Cacat, Bupati: Pemkab Siap Bantu

Bupati Rembang, H.Abdul Hafidz menerima puluhan penyandang cacat atau Disabilitas di rumah dinas Bupati, Selasa (26/6/2018). Kehadiran mereka ingin bersilaturahmi sekaligus halal bihalal dengan Bupati.

Perwakilan penyandang cacat yang berasal dari desa Sendangmulyo Kecamatan Bulu, Saraswati mengatakan bahwa selain bersilaturahmi, pihaknya mengutarakan uneg-uneg dan berharap ingin lebih diperhatikan oleh pemerintah.

“Kami ingin lebih diperhatikan oleh pemerintah, karena keterbatasan yang kami miliki. Alhamdulillah diterima dengan baik, semoga setelah ini pemerintah bisa merangkul kami agar kami bisa berbuat lebih untuk kabupaten ini dan hidup layak seperti mereka yang memiliki fisik normal ,” ungkapnya.

Ia menyebut banyak dari mereka yang memiliki potensi yang membutuhkan akses lebih. Mulai dari yang memiliki keahlian menjahit, perbengkelan dan servis elektronik misalnya.

Menanggapi kedatangan penyandang cacat yang bisa dibilang tidak terencana itu, Bupati sangat terbuka dan mengaku senang. Ia beranggapan bahwa pemerintah wajib untuk memperhatikan mereka.

Pemkab telah meluncurkan program Kamalia Merekah untuk para lansia sebatang kara dan untuk anak yatim. Tentu pemerintah juga mengarah kepeduliannya kepada kaum disabilitas.

“Tentu kami cek kebutuhan disabilitas agar pelayanan atau bantuan yang kami berikan bisa maksimal sesuai apa yang diperlukan. Perlu adanya identifikasi, karena kebutuhannya berbeda- beda selanjutnya akan kami kelompokkan,” ujarnya.

Menurutnya bagi penyandang cacat yang masih produksi akan disentuh pemberdayaan. Seperti yang membutuhkan modal usaha akan dibantu modal usaha, atau membutuhkan fasilitas untuk beraktifitas seperti kursi roda tentu akan dibantu kursi roda.

OPD-OPD akan dikoordinasikan untuk mengcover kebutuhan- kebutuhan mereka sesuai bidangnya. Tak terkecuali pihak swasta atau perusahaan melalui dana CSR untuk menyentuh para penyandang cacat ini.

Exit mobile version