Pemerintah Kabupaten Rembang

Dukung Smart City, Prokopimda Luncurkan Si Bakol Kopi

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah (Prokopimda) Sekretariat Daerah (Setda) Rembang meluncurkan aplikasi Si Bakol Kopi kepanjangan dari Sistem Informasi Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah.Aplikasi berbasis website itu diluncurkan di Gedung Hijau komplek Rumah Dinas Wakil Bupati, Kamis (10/11/2022).

Kepala Bagian Prokompimda, Arief Dwi Sulistya menjelaskan, Si Bakol Kopi merupakan aplikasi sistem informasi yang berfungsi untuk mewujudkan efektivitas penyelenggaraan administrasi, pemerintahan, maupun layanan pimpinan daerah dalam memberikan dukungan pelaksanaan harian bagi pimpinan daerah.

Dengan capaian sasaran yaitu tersedianya pengaturan tersedianya sarana pengaturan jadwal kegiatan pimpinan melalui aplikasi keprotokolan dan komunikasi pimpinan. Peningkatan pencapaian citra positif pemerintah melalui pelayanan prima kepada masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai tugas aksi perubahan yang harus kami laksanakan sebagai peserta diklat tahun 2022,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro‘ mengapresiasi adanya aplikasi Si Bakol Kopi. Menurutnya keberadaan aplikasi tersebut semakin mendukung terwujudnya Rembang Kota Cerdas atau Smart City.

Laki-laki yang akrab disapa Gus Hanies mengungkapkan, keberadaan aplikasi Si Bakol Kopi sangat membantu tugas dari pimpinan. Karena bisa menjadi sarana pengaturan jadwal kegiatan pimpinan.

“Kejadian-kejadian yang lalu tidak akan terjadi lagi setelah aplikasi ini dilaunching. Pada waktu lalu sering terjadi acara yang sering tabrakan dan ada acara yang malah tidak kecandak karena komunikasi yang kurang baik,” ucapnya.

Dengan adanya aplikasi tersebut, Wabup Hanies berharap tidak ada lagi kegiatan yang waktunya bertabrakan atau berbarengan. Selain itu aplikasi ini juga mendukung upaya pengurangan penggunaan kertas di birokrasi Pemerintah Kabupaten Rembang.

“Ini mendukung pelestarian lingkungan melalui pengurangan penggunaan kertas. Asal kawan- kawan bisa beradaptasi dengan arus digitalisasi,” ucapnya

Wabup berharap semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa belajar mengenai aplikasi Si Bakol Kopi. Sudah ada modul yang disiapkan dan dapat dipelajari. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version