Pemerintah Kabupaten Rembang

Empat Pegiat Literasi Bandung Bersepeda dari Jakarta Kunjungi Museum RA. Kartini

Empat pegiat literasi dan kelestarian alam dari Perpustakaan Alam Malabar, Bandung, bersepeda dari Jakarta menuju Lombok, NTB. Di tengah perjalanan, mereka menyempatkan diri mengunjungi Museum R.A. Kartini di Rembang pada Rabu (7/8).

Muhammad Thoriq Al Hafiz, salah satu pegiat, mengungkapkan bahwa kunjungan ke Museum R.A. Kartini awalnya tidak termasuk dalam agenda perjalanan mereka. Perjalanan mereka dari Jakarta ke Lombok bertujuan untuk penanaman mangrove di lima wilayah.

“Pertama kemarin di Cirebon, Semarang, kemudian selanjutnya Surabaya, Banyuwangi, sama Lombok terakhir,” katanya.

Saat beristirahat di Kabupaten Rembang, mereka mengetahui adanya destinasi wisata sejarah Museum R.A. Kartini. Mereka memutuskan untuk mampir.

“Kita kan sepedahan di pesisir utara Jawa, kebetulan kita lewat di daerah ini (Rembang) pas dilihat ada museum RA. Kartini. Ya sudah kami belok lah sambil sekalian (berkunjung),” ungkapnya.

Thoriq juga menyatakan bahwa mereka mendapatkan banyak pengetahuan baru selama kunjungan, termasuk tentang silsilah keluarga R.A. Kartini serta surat-surat dan buku tulisan pahlawan emansipasi wanita tersebut.

“Banyak pengetahuan baru sih. Apalagi main kesini sepedahan dari Jakarta. Kita dari Jakarta tanggal 23 Juli, berarti kalau sampai sekarang sudah hari ke 16. Kita bersepeda memang ingin hidup minim emisi, karena kita sedang menghadapi krisis iklim,” tandasnya. (re/rd/kominfo)

Exit mobile version