Pemerintah Kabupaten Rembang

Enam Barung Juarai Pesta Siaga Bertema “Asik”

Pesta siaga yabg digelar oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab)  Rembang mengambil tema ” ASIK”. Bukan tanpa alasan, tema ASIK ternyata memiliki makna yang sangat pas bagi anak- anak siaga.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Rembang, Bunda Hasiroh Hafidz
saat membuka gelaran pesta siaga , Sabtu (11/3/2023) di pendapa Museum RA.Kartini Rembang itu menjelaskan tema Asik, merupakan penjabaran dari Aktif, Santun, Inovasi dan Kreatif.

“Tema ini selaras dengan dunia anak-anak, barung ceria, berbudaya, cerdas, berkarakter dan berprestasi. Mohon kepada kakak-kakak pembina pendamping, tanamkan kepada anak-anak, ini kegiatan yang menyenangkan. Bukan menegangkan, ” ujarnya.

Menurut Bunda Hasiroh, anak-anak memang butuh pendidikan yang menyenangkan. Jika merasa senang, daya imunitas dan kreativitasnya akan semakin tumbuh.

“Kalau gembira, semangatnya akan tumbuh, kesehatannya juga baik. Kalau seneng, pasti kreativitasnya anak-anak akan muncul, nah Pesta Siaga menjadi salah satu ajangnya, karena ada penilaian dari sisi karakter, kemudian sejauh mana kepramukaan tertanam pada diri anak-anak, ” terangnya.

Peserta Pesta Siaga berasal dari Kwartir Ranting terbaik di tingkat kecamatan. Masing-masing mengirimkan Barung Putra dan Barung Putri dengan  total peserta  224 anak, meliputi 14 Barung Putra dan 14 Barung Putri.

Salah satu peserta Pesta Siaga dari SDN Muhammad Alvian mengaku senang ikut pesta siaga di pendapa Museum. Mulai dari ketemu banyak pramuka siaga dari berbagai sekolah juga kegiatan yang menyenangkan.

“Seneng  tadi ada funball , lempar bola ke keranjang. Tadi bisa masuk bolanya, ” tuturnya  siswa kelas 3 SD itu.

Ada 13 Taman yang harus didatangi setiap Barung dan dinilai.  Taman yang ada dalam pesta siaga tadi diantaranya itu Taman Ketaqwaan,  Taman Tanda Pengenal Seragam Pramuka, Taman Jateng Gayeng, Taman Pantul Bola, Taman Pentas Budaya, Taman Bumbung Kemanusiaan, Taman Keberhasilan Lingkungan, Taman Simpul dan Ikatan.

Hasil penilaian telah memilih tiga terbaik Barung Putra dan Barung Putri.  Kategori Barung Tergiat Putra yakni Juara 1 Barung merah SD Negeri Pengkol Kecamatan Kaliori, Juara 2 Barung hijau SDN Selopuro Kecamatan Lasem dan juara 3 Barung biru dari SDN Sale Kecamatan Sale.

Untuk kategori Barung Tergiat Putri, juara 1 Barung putih SDN Dadapan Kecamatan Sedan, juara 2 Barung hijau SDN Sedangmulyo Kecamatan Bulu dan juara 3 Barung hijau dari SD Wijaya Kusuma Lasem. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version