Pemerintah Kabupaten Rembang

Festival Egrang Siap Ramaikan HUT RI ke 73

Pemkab Rembang akan menggelar festival egrang Minggu, 26 Agustus 2018 mendatang. Kegiatan itu merupakan rangkaian acara dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan ke 73 tingkat kabupaten.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang, Subakti mengungkapkan alasan kenapa festival egrang, karena di dalam Undang-undang nomor 5 tahun 2018 tentang Pemajuan Budaya Bangsa.

Nantinya festival ini akan diikuti oleh semua OPD, Dinas Instansi Vertikal, hingga desa, Festival ini juga dilombakan. Mereka akan berjalan memakai egrang Start dari depan Bank Jateng dan finish di alun- alun Rembang. “Pemerintah memiliki kewajiban untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya, salah satunya seni olah raga tradisional.Masing- masing tim lima orang, nanti dinilai kelucuan dan keindahannya.” Salah satu ASN di Kecamatan Lasem, Mas’ode mengaku agak kesulitan memakai egrang. Untuk mengasah kemampuan bermain egrang, Ia dan rekan-rekan perwakilan Kecamatan Lasem mulai setiap hari berlatih. “Iya kesulitan mas, tapi ini latihan terus. Seru mas, ini semangat 45.” Tak hanya ASN di kecamatan Lasem saja yang berlatih egrang. Di sejumlah OPD dan kecamatan juga mulai berlatih egrang di jam istirahat dan pagi hari.

Exit mobile version