Pemerintah Kabupaten Rembang

Gebyar May Day, Cerminan Harmoni Pekerja, Pengusaha dan Pemerintah di Rembang

Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day), merupakan momentum untuk mengingatkan komitmen membangun hubungan industrial yang bermartabat dan memupuk hubungan dunia ketenagakerjaan yang harmonis antara pekerja, pengusaha, serta pemerintah (tripartit).  Tak hanya itu, Hari Buruh juga menjadi momentum untuk mengurai permasalahan  ketenagakerjaan.

Hal itu disampaikan Bupati Rembang H. Abdul Hafidz saat kegiatan Gebyar May Day di Alun-Alun Rembang, Rabu (24/5/2023). Peningkatan keterampilan pekerja juga  perlu didorong untuk menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin sengit.

“Saya berharap May Day dapat dijadikan sebagai tonggak bagi seluruh pekerja untuk mampu bersaing. Melalui peningkatan ketrampilan, kompetensi, wawasan dan pengetahuan, dengan demikian kita mampu untuk beradaptasi serta bersaing dalam percaturan global di bidang ketenagakerjaan,” ujarnya.

Bupati Hafidz berterima kasih kepada pengusaha bersama serikat pekerja yang telah menjaga harmonisasi hubungan industrial di Kabupaten Rembang.  Sehingga Rembang tetap kondusif, iklim investasi yang baik dan menurunnya tingkat pengangguran.

Kemitraan dunia usaha dengan pekerja, menurut Bupati dapat mendorong tumbuhnya dunia usaha dan peningkatan kesejahteraaan pekerja. Pada tataran yang lebih luas, pertyumbuhan dunia usaha akan berdampak pada terciptanya lapangan pekerjaan dan ekonomi akan tumbuh.

Kepada seluruh instansi pemerintah yang membidangi ketenagakerjaan maupun dunia usaha, Bupati berharap dapat bersinergi secara proaktif  meningkatkan kemampuan sumber daya manusia tenaga kerja. Dengan memberikan motivasi, fasilitasi pelatihan dan lainnya.

Di sisi lain, Bupati juga menyinggung tentang jaminan kesehatan dan keselamatan pekerja. Hal itu sebagai bentuk kepedulian terhadap pekerja , selain peningkatan ketrampilannya.

“Kita harus bersama sama meningkatkan kapasitas pekerja yang luar biasa baik itu industri maupun perusahaan yang ada di Kabupaten Rembang untuk itu pekerja juga harus disiapkan BPJS Kesehatan maupun BPJS ketenagakerjaan untuk menambah kesejahteraannya. Mudah-mudahan para pekerja dan masyarakat diberikan kesejahteraan dan kemakmuran, ” ungkapnya.

Lebih lanjut , Abdul Hafidz menyebut peringatan May Day yang dilaksanakan setiap tahun semakin baik. Ia menghimbau para pengusaha agar memberikan dukungan kepada pekerja/buruh untuk memperingati May Day dengan kegiatan positif, seperti Gebyar May Day 2023.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Dwi Martopo melalui Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial , Teguh Maryadi menambahkan peringatan Hari Buruh di Kabupaten Rembang dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Mulai dari lomba karaoke, Futsal antar perusahaan yang diikuti para pekerja, seminar ketenagakerjaan bagi puluhan perusahaan.Kemudian pada Gebyar May Day ini, disemarakkan dengan jalan sehat, senam dan hiburan musik dengan mendatangkan bintang tamu Niken Salindri dan Mieke Yolanda.

“Gebyar may day kali ini diikuti oleh 700an pekerja dari 70 perusahaan. Mereka yang beruntung akan mendapatkan doorprize yang sudah disiapkan oleh panitia, ” pungkasnya.

Dalam kegiatan itu juga BPJS Ketenagakerjaan Rembang juga memberikan bantuan paket sembako untuk buruh dan santunan kematian dan beasiswa bagi ahli waris pekerja yang telah meninggal dunia.(Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version