Pemerintah Kabupaten Rembang

Gelar Rakor Tim Audit Kasus Stunting

Dalam rangka percepatan penurunan stunting terutama identifikasi risiko dan penyebab risiko pada kelompok sasaran berbasis surveilans rutin, baru-baru ini Tim Teknis Audit Kasus Stunting Pemerintah Kabupaten Rembang melaksanakan Rapat Koordinasi Tim Teknis Audit Kasus Stunting (AKS) pada Rabu, (5/10/2022) di Aula Pertemuan Dinsos PPKB Rembang.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh tim teknis AKS yang tergabung dalam Tim Audit Kasus Stunting Kabupaten Rembang sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati Rembang Nomor 050/1979/2022 tanggal 14 Juni 2022, diantaranya dokter, Kepala Puskesmas, Koordinator Tim Pendamping Keluarga (TPK), Penyuluh Keluarga Berencana (KB) dan Kabid Kesga Gizi Dinas Kesehatan Rembang dan Asisten Teknis Satgas Stunting Jawa Tengah.

Usai rakor Sekretaris Dinsos PPKB Kabupaten Rembang Budi Setiasih menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindaklanjut rencana kerja Tim Percepatan Penurunan Stunting ( TPPS ) Rembang tahun 2022 usai Rembuk Stunting beberapa waktu lalu.

“Harapannya kegiatan AKS ini diprioritaskan di desa lokus tahun 2022,” imbuhnya.

Rakor diisi penyampaian presentasi oleh Yasto, S.E. Satgas Stunting Jawa Tengah tentang teknis pelaksanaan Audit Kasus Stunting dan pengisian Lembar Kerja AKS.

Dalam rakor tersebut diperoleh beberapa kelompok sasaran AKS diantaranya calon pengantin, ibu hamil, ibu usai melahirkan (bufas) dan bayi di bawah dua tahun (baduta). Data tersebut diperoleh dari data PK21 yang sudah diverifikasi dan validasi serta ePPGMB dari Puskesmas se Kabupaten Rembang.

“Setelah data kelompok sasaran AKS diperoleh, kemudian dilakukan kunjungan lapangan dan pengukuran ulang untuk memastikan dan memperoleh data yang akurat.”

Keakuratan data sangat penting, karena akan dituangkan dalam kertas kerja AKS dan selanjutnya disampaikan kepada tim pakar untuk dibahas dan memperoleh rekomendasi tindaklanjut dalam penanganan kasus stunting. Sebagai langkah terakhir kegiatan AKS adalah diseminasi informasi oleh tim pakar dan tim teknis.

Setelah kegiatan audit selesai, angka stunting diharapkan dapat menurun dan bahkan tidak ada lagi kasus stunting baru di Kabupaten Rembang sesuai dengan tujuan RAGA GENTING (Gerakan Keluarga Cegah Stunting) untuk menuju Rembang Zero New Stunting. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version