Pemerintah Kabupaten Rembang

Gotong Royong Spirit Penguatan Koperasi

Gotong Royong Ekonomi Rakyat Menguatkan Gerakan Koperasi merupakan tema peringatan hari Koperasi ke 70 tahun ini.  Gotong royong diharapkan menjadi spirit dalam upaya memajukan koperasi.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Koperasi di halaman Kantor Bupati, Rabu (12/7/2017) dalam sambutannya mengatakan melalui peringatan hari Koperasi diharapkan mampu menggugah semangat dan meningkatkan pemahaman akan pentingnya bersatu dalam wadah koperasi. Pemkab dalam hal ini akan terus meningkatkan sinergitas dan kerjasama antar koperasi atau koperasi dengan Badan Usaha lainnya, dengan memberi dukungan dan fasilitasi.

“Melalui OPD Terkait yang membidangi Koperasi dan UMKM Kabupaten Rembang untuk terus meningkatkan sinergitas dan kerjasama antar koperasi atau koperasi dengan Badan Usaha lainnya, baik dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, kelembagaan dan usaha, serta kemudahan koperasi dalam mengakses perijinan maupun permodalan melalui pelayanan yang cepat, mudah, dan murah., “ ujarnya.

Menurut Bupati koperasi masih tertinggal dibandingkan soko guru lainnya, yaitu Swasta, BUMN, padahal jika dibandingkan dengan soko guru lainnya , koperasi memiliki peran dan potensi ekonomi yang cukup besar. Oleh karena itu  koperasi yang ada di Kabupaten Rembang harus berbenah, saling bekerjasama, sehingga usaha yang dihasilkan akan memiliki skala ekonomi yang tinggi.

Kalau koperasi tumbuh baik, mikro kecil dan menengah tumbuh baik, maka ekonomi akan terangkat naik, dan secara otomatis negara mendapatkan penghasilan, pendapatan yang tinggi.

Di akhir sambutannya Bupati mengajak seluruh jajaran koperasi untuk berpartisipasi dalam mereformasi total koperasi sesuai dengan kemampuan dan kapasitas masing-masing. “ Pemerintah akan terus hadir dan berkomitmen untuk membangun koperasi melalui berbagai kebijakan dan program, dalam bidang peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kewirausahaan, peningkatan akses pembiayaan, fasilitasi pemasaran, manajemen dan teknologi informasi. ”

Sementara itu Ketua Panitia Hari Koperasi Sukadir menuturkan dalam memperingati hari Koperasi di Kabupaten berbagai kegiatan dan lomba telah dilaksanakan. Diantaranya lomba tiga sehat koperasi, pasar murah jelang lebaran sebanyak 850 paket sembako di kecamatan Sulang, baksos di tujuh panti asuhan, donor darah oleh seluruh anggota gerakan koperasi, lomba tenis meja, sarasehan tentang koperasi.

Exit mobile version