Pemerintah Kabupaten Rembang

Gubernur Apresiasi Penanganan Tingkat Desa di Rembang

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam Rembug Desa dengan 287 kepala desa di Rembang, hari Rabu (21/7) mengurai satu persatu masalah yang muncul di tengah pandemi Covid-19.

Walaupun kegiatan digelar daring melalui aplikasi zoom itu juga dihadiri Bupati Rembang dan jajaran Forkominda itu, para Kades tampak bersemangat menyampaikan permasalahan atau contoh baik penanganan selama pandemi.

Kepala Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Sujarwo, menyatakan saat ini di desanya masih ada tiga kasus positif. Ketiga warga yang terjangkit dalam kondisi baik berkat program Jogo Tonggo yang didukung penuh warga desa.

“Tapi ada BST (Bantuan Sosial Tunai) sebagian warga yang belum cair,” katanya.

Sementara Kepala Desa Kalitengah, Kecamatan Pancur, Ansori, memberikan masukan terkait penerapan PPKM Darurat. Ia meminta agar aturan diperlonggar dengan mengizinkan warung kecil melayani pembeli untuk makan.

“Kasihan pak, kalau dilarang makan di tempat dagangannya tidak laku,” jelasnya.

Gelaran kedua Rembug Desa menurut Ganjar berjalan menyenangkan. Rata-rata, Kepala Desa / Lurah di Rembang relatif bisa menghandel persoalan di lapangan.

“Tapi bukan berarti tanpa masalah, relatif masalahnya bisa diselesaikan. Jadi saya sangat optimis, penanganan Covid di level desa bisa diselesaikan. Saya juga optimis, kalau pergerakan masyarakat bisa dibatasi di level desa, maka pergerakan akan berkurang,” jelasnya.

Dari acara itu, Ganjar menuturkan bahwa desa sudah melaksanakan program penanganan Covid dengan baik. Secara keseluruhan, Ganjar belum menemukan problem berat di desa-desa. Hanya ada beberapa persoalan, misalnya angka kasus yang tinggi yang membutuhkan bantuan.(Mif/Rud)

Exit mobile version