Pemerintah Kabupaten Rembang

Gus Baha: GeNose Bentuk Ikhtiar Deteksi COVID-19

Universitas Gadjah Mada mengenalkan dan menyerahkan bantuan alat deteksi Covid-19 GeNose C19 sebagai alat deteksi karya inovasi UGM di lingkungan pondok pesantren dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Penyerahan bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., kepada KH Bahaudin Nursalim atau akrab disapa Gus Baha di aula Pondok Pesantren Al Quran, Desa Narukan, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Kamis (3/6).

Rektor UGM mengatakan kunjungannya ke pondok pesantren Al Quran Rembang untuk mengenalkan GeNose C19 sebagai salah satu karya inovasi yang dihasilkan oleh peneliti UGM di masa pandemi saat ini. Alat yang sudah dikenal luas oleh masyarakat ini sudah digunakan di beberapa stasiun kereta api, terminal dan bandara yang diharapkan menjadi alternatif pilihan masyarakat dalam melakukan skrining dan deteksi Covid-19 dengan harga yang lebih murah dan terjangkau, bahkan mudah digunakan juga di lingkungan pesantren sebab hanya menggunakan teknologi artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

Kita harapkan alat ini bisa digunakan di lingkungan pesantren untuk mendeteksi jika ada yang terpapar Covid-19 dan tentu kita berharap lingkungan pesantren terbebas dari covid dan nantinya selalu rutin melakukan skrining kesehatan dan pemeriksaan rutin,” kata Rektor.

Sementara itu, Gus Baha menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada UGM karena ikut memperhatikan kesehatan para santri dan santriwati di pesantren melalui alat deteksi dan skrining Covid-19. Kehadiran GeNose C19 menurutnya buah dari  hasil karya inovasi anak bangsa yang patut dibanggakan seluruh masyarakat Indonesia.

Pertama, saya ikut bersyukur karena ini karya putra bangsa dari UGM. Kedua, semoga mewakili kebanggaan semua rakyat Indonesia karena kita punya penemuan sendiri. Ketiga, karya ini bentuk ikhtiar (usaha) kita untuk bisa menghasilkan sebuah alat deteksi Covid-19. Semua ikhtiar tidak dilarang oleh agama karena kita disuruh untuk selalu tetap ikhtiar,” katanya.

Exit mobile version