Pemerintah Kabupaten Rembang

Hadiri Pagelaran Wayang Kulit Pepadi, Wabup Beri Motivasi Jangan Sampai Berhenti

Duet Dalang kakak beradik Ki Didik Suryono dan Totok Wuryanto Nyentrik dari Kecamatan Sumber, Senin (8/7/2019) memukau pecinta wayang kulit di Rembang. Tak hanya Mereka yang datang menyaksikan langsung pagelaran wayang kulit yang digelar di jalan Gatot Subroto atau di depan Studio Radio Citra Bahari FM, tetapi juga mendengarkan di radio CBFM di 102,1 FM atau via streaming cbfmrembang.com.

Pagelaran wayang kulit malam itu merupakan kali kedua dilaksanakan oleh Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Rembang dengan Dalang yang berbeda setiap Selasa Kliwon. Kali ini lakon yang diangkat adalah dengan lakon “Guwarso Guwarsi”. Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto yang berkesempatan hadir menyampaikan dukungannya atas inisiatif Pepadi untuk tampil bergiliran setiap Selasa Kliwon memberikan hiburan kepada masyarakat secara gratis.

Pagelaran wayang kulit secara rutin oleh Pepadi ini sebagai bentuk upaya nguri- nguri kebudayaan jawa. Guyub rukun dari berbagai pihak termasuk kalangan Pedalangan sangat dibutuhkan untuk kemajuan Rembang.

“Niat yang baik seperti ini jangan sampai pudar, karena yang namanya bayaran ini sedikit banyak biasanya merasa kurang, tapi kalau rejeki InsyaAllah nyukupi seng penting berkah. Kalau sudah begitu harus diniati, jangan sampai niat yang baik tiba- tiba di tengah perjalanan berhenti, karena perjuangan membutuhkan pengorbanan, jika ada kendala diharapkan dapat dirembug bersama, ” ungkapnya.

Kegiatan pagelaran wayang kulit oleh Pepadi di setiap Selasa Kliwon ini sendiri diambil dari weton Bupati Rembang H. Abdul Hafidz. Setiap Selasa Kliwon pagelaran wayang kulit akan menampilkan Dalang- Dalang asli dari Kabupaten Rembang secara bergantian ditiap gelarannya.

Exit mobile version