Pemerintah Kabupaten Rembang

Hari Kartini ke 143, Wanita Harus Menjawab Tantangan Zaman

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang menggelar Upacara Peringatan Hari Kartini di Halaman Pendapa RA Kartini, Rembang pada Kamis (21/04/2022). Sempat diguyur hujan deras, upacara berlangsung dengan khidmat.

Seluruh peserta upacara baik jajaran Pejabat Pemkab Rembang, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), organisasi perempuan seperti TP PKK, Dharma Wanita, Bhayangkari, Persit Candra Kirana mengenakan pakaian adat Jawa.

Hj. Hasiroh Hafizh selaku pembina upacara dalam sambutannya
menuturkan peringatan Hari Kartini kali ini merupakan semangat baru bagi wanita Indonesia. Wanita diharapkan dapat ikut serta menggerakkan perekonomian keluarga, daerah maupun bangsa sesuai dengan perjuangan RA Kartini dalam mengangkat derajat wanita Indonesia.

Lebih lanjut, menurut Hasiroh saat ini wanita tak lagi mengurus urusan dapur, sumur, atau kasur tapi wanita mampu membuat berbagai perubahan layaknya kaum pria.

“Stigma perempuan tidak bisa melakukan apa-apa tidak harus kita terima begitu saja. Kartini berhasil mendobrak stigma perempuan hanya menjadi ibu rumah tangga atau bahasa Jawa nya Kanca Wingking,” tegasnya.

Di zaman yang modern ini menuntut wanita mampu menjawab tantangan zaman. Wanita harus dapat berkarya dan berkreasi di manapun tempatnya,sesuai dengan minat dan bakatnya.

“Bahkan salah satu prioritas utama SDGs (Sustainable Development Goals) adalah kesetaraan gender, yang menegaskan bahwa negara tidak bisa menjalankan pembangunan berkelanjutan kalau perempuan tertinggal di belakang,” imbuhnya.

Setelah upacara, ada sesi penyerahan bantuan kepada sejumlah perempuan yang berprofesi sebagai Petugas Kebersihan Kabupaten Rembang dan Wanita penyandang Disabilitas serta perlengkapan sekolah bagi anak yatim. Selanjutnya penyerahan piala kepada para juara berbagai lomba peringatan Hari Kartini seperti lomba menyanyi lagu Ibu Kita Kartini, lomba membatik, lomba menjahit, lomba penjor. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version