Pemerintah Kabupaten Rembang

Inilah Rangkaian Acara Peringatan HUT ke-79 RI Tingkat Kabupaten Rembang

Pemkab Rembang melalui Bakesbangpol tengah menyiapkan serangkaian kegiatan meriah untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia. Salah satu acara yang paling dinanti masyarakat adalah pawai karnaval.

Kepala Bidang Kesatuan Bangsa Bakesbangpol Kabupaten Rembang, M. Luthfi Hakim, menjelaskan bahwa rangkaian acara dimulai dengan pidato kenegaraan pada Jumat, 16 Agustus di Kantor DPRD Rembang. Sore harinya, sekitar pukul 16.00 WIB, akan diadakan pengukuhan pasukan Paskibraka di Pendopo Museum Kartini.

Pada malam yang sama, sekitar pukul 23.30 WIB, acara dilanjutkan dengan apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Bhakti Rembang.

Untuk kegiatan pada 17 Agustus, upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan dan pengibaran bendera merah putih dimulai pukul 09.00 WIB. Siangnya, pukul 14.00 WIB, diadakan aubade dan upacara penurunan bendera sekitar pukul 16.00 WIB.

“Kalau yang pagi hari itu penanggungjawab dari Kodim 0720 Rembang, kalau yang sore itu dari Polres Rembang,” ujarnya.

“Untuk kegiatan malam harinya masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kita ada resepsi kenegaraan yang diadakan di pendopo,” tambahnya.

Luthfi juga menambahkan, karnaval pembangunan akan diselenggarakan pada 24 Agustus. Berbeda dari tahun lalu, karnaval tahun ini dimulai lebih pagi dan panggung kehormatan ditempatkan dekat dengan garis start agar acara tidak berlarut hingga petang.

“Tahun ini biar tidak sampai magrib, kita akan mulai lebih awal dan jarak panggung kehormatan kita perdekat. Kita tidak membatasi peserta karena ini HUT RI siapa pun ikut berperan aktif untuk memeriahkan,” pungkasnya. (re/rd/kominfo)

Exit mobile version