Pemerintah Kabupaten Rembang

Inisisasi Pembentukan Forum Kabupaten Sehat

Pemerintah Kabupaten Rembang melalui Dinas Kesehatan menginisiasi pembentukan forum kabupaten sehat. Orientasi pembentukan forum Kabupaten Sehat dilaksanakan senin, 9/12 di Pollos Hotel.

Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Rembang Hj Hasiroh Hafidz mengatakan untuk mencapai Kabupaten Sehat Pemerintah Kabupaten Rembang sudah memiliki potensinya seperti Kabupaten Open Defecation Free (ODF), sekolah Adiwiyata, Desa Wisata, Kabupaten Layak Anak dan sebagainya.

Hasiroh mengharapkan semuanya untuk ”cancut taliwondo” atau bersama-sama untuk mewujudkan Kabupaten Rembang Sehat. Seperti dari Dinas Lingkungan Hidup jangan sampai sampah berserakan, Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) untuk membantu rumah tangga yang kurang sehat atau tidak layak huni, Dintanpan untuk membantu pembuatan irigasi air tanah dangkal, Dinindagkop dan UKM untuk membantu UMKM mengelola limbah industri dan masih banyak lagi.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan melalui Sekretaris Dinas Darmono mengatakan pelaku utama forum kabupaten sehat adalah masyarakat didukung oleh pemerintah daerah dan difasilitasi oleh sektor-sektor terkait termasuk penggalangan sumber daya.

”Pembentukan forum kabupaten sehat dimulai tahun ini dan tahun selanjutnya,” ujarnya.

Orientasi pembentukan kabupaten sehat dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah terakit, Tim Penggerak PKK, organisasi masyarakat seperti fatayat, aisyah, LSM serta menghadirkan pembicara dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Exit mobile version