Pemerintah Kabupaten Rembang

Jadikan HUT ke-283 Sebagai Motivasi Memajukan Kabupaten Rembang

Upacara hari jadi Kabupaten Rembang ke-283 berlangsung di alun-alun Kota, Sabtu, (27/7). Mengusung tema “Gemilang Menuju Indonesia Emas” upacara ini dimeriahkan sejumlah tari-tarian tradisional sekaligus pemberian bantuan untuk penyandang disabilitas.

Bupati Rembang Abdul Hafidz dalam sambutannya menyampaikan, hari jadi Kabupaten Rembang ini merupakan momen yang sangat penting bagi setiap orang untuk introspeksi dan evaluasi terhadap segala sesuatu yang telah dilakukan dalam mewujudkan visi Kabupaten Rembang. Apapun yang dilakukan Pemkab Rembang kali ini harus mampu menjadikan Kabupaten Rembang menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Hari Jadi iki kudu dadi motivasi lan inspirasi kanggo majune Kabupaten Rembang. Kanthi ngusung tema “Gemilang  Menuju Indonesia Emas”. Ayo kito maknai minangka  momentum kanggo ningkatake pemahaman, komitmen, lan gerakan kabeh komponen daerah Kabupaten Rembang kanggo njogo asil lan ningkatake kualitas pembangunan kanggo kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati Hafidz dalam bahasa jawa.

(Ini harus menjadi motivasi dan inspirasi bagi kemajuan Kabupaten Rembang. Dengan mengusung tema “Splendid Menuju Indonesia Emas”. Mari kita manfaatkan momentum untuk meningkatkan pemahaman, komitmen, dan gerak seluruh komponen daerah Kabupaten Rembang untuk mempertahankan hasil dan meningkatkan kualitas pembangunan demi kesejahteraan rakyat.)

Bupati Hafidz mengungkapkan, di hari ulang tahun yang ke-283 ini, Kabupaten Rembang mengalami lonjakan yang membanggakan dalam pembangunan. Hal ini dapat dilihat dari indikator makro seperti : 

  1. Pertumbuhan Ekonomi dengan target 4,16% – 4,87% di 2023, terealisasi sebesar 5,20%.
  2. Angka Kemiskinan dengan target 14,19% – 13,36% di 2023, terealisasi sebesar 14,17% di 2023 dan di 2024 terealisasi sebesar 14,02%.
  3. Tingkat Pengangguran Terbuka dengan target 3,00-3,58 terealisasi sebesar 2,60.
  4. Indeks Pembangunan Manusia dengan target sebesar 71,35 – 71,61 di 2023, terealisasi sebesar 71,89.

Ia mengingatkan Kabupaten Rembang kaya akan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak dimiliki kabupaten lain. Selain memiliki garis pantai sepanjang 64 kilometer, Rembang juga memiliki pertanian, perkebunan, kehutanan, pariwisata dan lain-lain. Terkait Sumber Daya Manusia (SDM), Rembang juga banyak melahirkan tokoh nasional.

(Potensi ngono kuwi mau kudu didhudhuk, didhudhah, lan digunakake tenanan kanggo kesejahteraan masyarakat Kabupaten Rembang. Kanggone jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dak jaluk supoyo tetep ngembangake kreativitas lan inovasi,” ujarnya dalam bahasa jawa.

(Potensi tersebut harus digali, dikembangkan, dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Rembang. Kepada jajaran Organisasi Daerah (OPD), saya mohon agar terus mengembangkan kreativitas dan inovasi.)

Bupati Hafidz menambahkan, Kabupaten Rembang mempunyai mimpi besar untuk mewujudkan Rembang Gemilang 2026. Ia berharap momentum ini dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk mengkaji kebijakan pemerintah dalam upaya memaksimalkan pelaksanaan pembangunan daerah sebagaimana cita-cita para pionir pemerintahan sebelumnya. (re/rd/kominfo)

Exit mobile version