Pemerintah Kabupaten Rembang

Jaring Masukan Masyarakat, Dinbudpar Sosialisasikan Film Animasi RA Kartini

Ratusan guru menyaksikan pemutaran film animasi RA Kartini di ruang audio visual komplek museum dan sebagian melalui zoom meeting, Rabu (13/9/2023). Tak hanya guru, pihak terkait kepariwisataan seperti biro tour, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) juga tampak hadir dalam sosialisasi film animasi pahlawan emansipasi wanita Indonesia itu.

Sub Koordinator  (Subkor) sejarah, museum dan cagar budaya Dinbudpar Rembang. Retna Diah Radityawati mengatakan kegiatan tersebut selain rilis ruang khusus Raden Soesalit, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang memutar film animasi RA Kartini. Film tersebut berdurasi 15 menit.

Dibuatnya film animasi tokoh penting dalam dunia pendidikan khusus bagi kaum perempuan itu tak lain untuk lebih menarik bagi anak- anak dan pelajar. Terlebih paling banyak pengunjung dari area Rembang sendiri adalah anak- anak.

“Rata-rata penjung museum itukan anak- anak kalau dari area sini. Kita juga menyasar generasi muda dan orang tua, karena kalau kartun itu semua  golongan  masuk, ” tuturnya.

Sosialisasi film tersebut juga untuk menyaring saran dan masukan dari para guru dan tamu undangan lainnya. Sehingga film yang dibuat oleh pihak penyedia bisa maksimal.

“Tadi ada masukan dari para guru untuk beberapa hal. Kita sudah komunikasi dengan penyedia tentang revisi, ” terangnya.

Sejumlah masukan yang diterima diantaranya ada kata- kata di dalam film yang disarankan diganti lebih halus. Kemudian ada lagu dalam film yang juga diusulkan diganti.

Setelah direvisi nantinya film animasi RA Kartini bisa dinikmati oleh pengunjung atau wisatawan. Film animasi ini juga melengkapi yang sebelumnya ada namun dokumenter.

Untuk menonton film  RA Kartini di ruang audio visual itu pengunjung tidak perlu membayar mahal. Pasalnya akses ke ruang audio visual dan menonton film itu sudah jadi satu dengan tiket masuk. Harga tiket masuknya sendiri sangat murah, yaitu hanya Rp.2000,-.

Ratna menambahkan jika ingin menonton film RA Kartini yang dokumenter ataupun animasi jika sudah dirilis, warga disarankan untuk membuat janji terlebih dulu. Seperti ketika rombongan pelajar yang akan berkunjung.

“Kalau warga karena keterbatasan SDM kami alangkah baiknya membuat janji dengan kita dulu seperti rombongan sekolah. Bisa langsung ke kantor atau menghubungi nomor kontak (0295) 691911 atau No WA : 081325012703, ” ungkapnya.(Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version