Pemerintah Kabupaten Rembang

Jelang Arus Mudik, Dinas Perhubungan dan Polres Cek Kelayakan Jalan Angkutan Umum

Menjelang arus mudik, Dinas Perhubungan (Dishub) Rembang bersama dengan Satlantas Polres Rembang menggelar Ramp Check atau kelayakan jalan angkutan umum, Rabu (3/4/2024). Kegiatan yang dilaksanakan di terminal tipe C Rembang itu memeriksa kelayakan 17 bus.

Kepala dinas perhubungan Rembang, Drupodo, mengatakan kegiatan tersebut rutin dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

“”Kami selalu sigap setiap ada angkutan yang masuk di terminal ini, dari dinas perhubungan mengantisipasi mengadakan ramp check pemeriksaan kendaraan guna kelayakan dan kenyamanan para pemudik,” ucapnya.

Pengecekan petugas dinas Perhubungan meliputi  mesin, fungsi rem, kondisi gas buang, lampu, roda ban depan dan belakang. Sementara Satlantas mengecek kondisi pengemudi dan kelengkapan surat-surat.

Selama beberapa jam, 17 bus dicek. Semua kendaraan yang dicek hasilnya layak jalan.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Kepolisian Resort (Polres) Rembang, AKP. Sugito mengatakan pihaknya melakukan pengecekan kesehatan pengemudi. Selain itu dokumen kendaraan dan pengemudi juga diperiksa.

“Hasil pemeriksaan pengemudi aman, tes urine negatif zat terlarang seperti narkoba.”

Kasatlantas memprediksi ramainya jalur pantura oleh pemudik pada H-4 dan H-3. Ia berharap  pemudik untuk mengutamakan keselamatan berlalu lintas. Pasalnya, keluarga sedang menunggu di rumah.(Mif/Rud/Kominfo)

 

 

 

 

 

 

Sementara dari keterangan kasatlantas polres rembang, AKP Sugito, mengatakan, saat ini ada 17 bus yang sudah di periksa dan di uji kelayakanya,dari 17 bus tersebut semua di nyatakan layak dan dapat beroprasi.

” ya tentunya dengan adanya uji kelayakan ini dinharapkan ,agar nantinya semua kendaraan layak, dan tak ada kendala selama arus mudik serta arus balik.” ujarnya.

Exit mobile version