Pemerintah Kabupaten Rembang

Jelang Haul RA. Kartini, Pj.Bupati Jepara Kunjungi Rembang

Menjelang Haul RA Kartini, Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta beserta rombongan pejabat Pemkab Jepara, Kamis (15/9/2022), berkunjung ke Rembang. Rombongan diterima langsung oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz, di Pendapa Museum RA. Kartini.

Selain acara seremonial sambutan kedatangan di pendapa museum, rombongan juga masuk ke dalam museum. Mereka terlihat antusias melihat berbagai macam barang peninggalan RA Kartini.

Mereka juga melakukan aktivitas foto – foto untuk mengabadikan momen. Selebihnya membaca deskripsi koleksi museum dan mendengarkan sejarah sejarah dari foto dan barang koleksi dari pemandu atau guide museum RA Kartini.

Pada kesempatan itu Edy Supriyanta mengatakan kunjungannya ke Kota Garam dalam rangka haul wafatnya RA. Kartini yang jatuh pada tanggal 17 September nanti. Pasalnya Jepara dan Rembang sama – sama memiliki sejarah tentang Pahlawan Emansipasi Wanita tersebut.

“Kalau Jepara sebagai tempat kelahirannya dan Rembang sebagai tempatnya setelah menikah serta tempat pemakamannya. Yuk kita bareng-bareng ke Rembang disamping ke makam Ibu Kartini dan juga meninjau museum,” imbuhnya.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Pj. Sekretaris Daerah Rembang itu mengungkapkan kunjungannya ke Rembang juga dalam rangka menimba ilmu.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Tengah tersebut mengungkapkan setelah melihat museum RA. Kartini, dirinya sangat terkesan dengan museumnya yang masih murni karena cagar budaya asli. Hal itu dapat dilihat dari ubin tegelnya, kayunya beserta ornamennya belum dirubah. Dibanding Museum yang di Jepara, ada perubahan. Sehingga nantinya museum yang ada di Jepara supaya tidak dirubah.

Abdul Hafidz menuturkan dirinya agak kaget dengan kedatangan rombongan pejabat dari Jepara. Karena Rembang dimungkinkan lebih baik dengan Jepara.

“Ternyata setelah disampaikan apa adanya, kita ada yang lebih baik. Sehingga kita bisa sharing pengalaman dari Jepara,” Bebernya.

Selain ke museum RA Kartini mereka juga berkunjung ke tempat- tempat wisata yang dimiliki oleh kota garam diantaranya kota pusaka Lasem, sentra Batik tulis Lasem.(Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version