Pemerintah Kabupaten Rembang

Jelang Idul Fitri, Berbagai Elemen Resik- Resik Kota Pusaka Lasem

Menjelang Idul Fitri 1444 Hijriyah, sekitar 700 an orang  lintas sektor, lintas agama dan lintas etnis di Kecamatan Lasem, Senin (17/4/2023) kerja bakti bersih- bersih di kawasan Kota Pusaka Lasem.

Resik-resik Kota Pusaka Lasem menyasar sejumlah lokasi. Meliputi  alun-alun Lasem, Masjid Jami’, sepanjang jalan Desa Karangturi, kawasan Tembok Duwur, kawasan Makam Eyang Sambu dan beberapa ruas jalan  Pantura Lasem.

Bupati Rembang, H.Abdul Hafidz yang hadir dalam kegiatan itu  menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan yang positif tersebut. Dengan agenda itu, menurutnya dapat memberiman motivasi dan contoh kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan Lasem yang sudah menjadi tujuan wisata.
“Kita melaksanakan pembangunan untuk mewujudkan Rembang Gemilang dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat dalam proses pembangunannya. Ini merupakan wujud
nyata kontribusi yang diberikan salah satu unsur masyarakat untuk membantu Kabupaten Rembang agar menjadi lebih baik. Terlebih perihal kebersihan dan sampah ini merupakan masalah yang kompleks,” ungkapnya.

Sebagai tujuan wisata, menjaga kebersihan sangat penting untuk kenyamanan pengunjung dan memberi kesan positif terhadap Lasem. Di sisi lain kedatangan wisatawan juga berpotensi menimbulkan sampah, maka menumbuhkan jiwa peduli kebersihan dalam diri masyarakat sangat dibutuhkan.

Bupati berharap kegiatan ini bisa rutin dilakasanakan. Sehingga Lasem akan terjaga kebersihannya dan nyaman bagi wisatawan.

Sementara itu Camat Lasem, Abdul Rouf mengatakan digelarnya Resik-resik Kota Lasem untuk mendukung Kota Pusaka Lasem. Selain itu guna mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa telah dibentuk Badan Pengelola Lasem Kota Pusaka.

“Tujuan yang pertama kita ikut menyukseskan Lasem dengan Kota Pusaka sudah dibentuk Badan Pengelola Lasem Kota Pusaka, biar masyarakat tahu. Kedua, Lasem ditunjuk sebagai Kecamatan yang mendukung program Forum Kecamatan Sehat mendukung program Kabupaten / Kota Sehat,” tandasnya. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version