Pemerintah Kabupaten Rembang

Jelang Persiapan Pemilu, Pemkab Bagikan 4000 E-KTP

Menjelang persiapan pemilu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Rembang kembali membagikan 4000 E-KTP, bagi para pemula.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dindukcapil Rembang Daenuri seusai kegiatan penyerahan E-KTP kepada masing- masing perwakilan Kecamatan di aula lantai 4 Kantor Bupati Rembang, Senin (09/10/2017). Ia menambahkan, berdasarkan petunjuk Kementrian Dalam Negeri, penerbitan E-KTP harus mengutamakan pemegang pemula.

Daenuri membeberkan, berdasarkan alasan, soal penerbitan E-KTP mengutamakan pemula, dikarenakan para pemula belum pernah memegang KTP elektronik. Namun dia memastikan, dari jumlah 4000 E-KTP pemula yang dibagikan, semuanya sudah terlebih dahulu memegang surat keterangan (Suket) sebagai pengganti KTP sementara, yang berkekuatan hukum sama.

“Kalau suket yang saya keluarkan bersama dengan orang dewasa ini banyak. Tapi saya mendapatkan tugas dari Kementrian Dalam Negeri bagi pemula untuk diutamakan” kata Daenuri.

Sementara itu, Bupati Rembang Abdul Hafidz mendorong OPD terkait untuk segera menuntaskan perekaman E-KTP, sebelum pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) di 2019 mendatang.

“Ini akan ada gawe besar negara, yaitu ini akan ada Pemilihan Presiden, maka kita disuruh untuk menyelesaikan KTP untuk pemula dan yang belum merekam harus segera dituntaskan biar tidak ada masalah saat pemilu” tegas Bupati.

Setiap harinya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rembang menyatakan dapat mencetak delapan ratusan keping KTP elektronik. Namun hal itu masih terkendala ketersediaan belangko E-KTP.

Exit mobile version