Pemerintah Kabupaten Rembang

Wabup Hanies : Pelajar Adalah Pelestari Sejarah

Ratusan pelajar di wilayah kecamatan Lasem mengikuti kegiatan napak tilas atau jelajah sejarah dan Budaya Desa Kajar selama dua hari 29-30 Januari 2022.
Kegiatan yang diikuti pelajar SMP dan SMA sederajat di wilayah Kecamatan Lasem ini bertujuan untuk mengenalkan potensi wisata dan situs sejarah Lasem khususnya Desa Kajar.

Wakil Bupati Rembang Mochammad Hanies Cholil Barro” didampingi sang istri
Siti Halimatussa’diyah yang datang dalam acara tersebut mengapresiasi kegiatan yang digagas Forum Komunikasi Masyarakat Sejarah (Fokmas) Lasem dan Pemerintah Desa Kajar itu. Kegiatan semacam ini dinilai dapat mempromosikan segala potensi sejarah, ekonomi kreatif dan wisata yang ada.

“Besar harapan kami adik- adik SMA ini bisa menjadi agen- agen pelestari sejarah di wilayahnya masing- masing. Apalagi Lasem memiliki peninggalan sejarah yang luar biasa, ” ujarnya.

Wabup juga sependapat bahwa kegiatan semacam ini dilakukan secara rutin. Kegiatan jelajah sejarah yang melibatkan pelajar bisa dilakukan juga di tempat atau desa lain yang memiliki potensi wisata,sejarah dan budaya.

“Tahun depan jelajah sejarah di sulang, kemudian di Kragan. Ini sudah terjadwal, luar biasa Pak Toro, alhamdulillah, semoga tetap diberikan semangat dan kesehatan, semoga jadwal ke depan bisa terwujud, demi Rembang gemilang tentunya,” ungkapnya.

Selain mengunjungi situs bersejarah seperti situs batu tapak yng merupakan cap kaki Prabu Hayam Wuruk Raja Majapahit, goa tinatah, kursi kajar, dan lingga kajar, dalam jelajah desa Kajar juga diisi pagelaran wayang kulit oleh dalang cilik Kevin. Selain itu pertunjukkan seni tari dan fashion show busana tradisional dan batik tulis lasem yang diperagakan anak- anak. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version