Pemerintah Kabupaten Rembang

Kaliori Sumber Bulu Jadi Kawasan Agropolitan

?????????????

Kecamatan Kaliori menjadi kawasan Agropolitan Kaliori Sumber Bulu (KSB).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Rembang, Dwi Wahyuni, dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam), di pendopo kecamatan Kaliori, Selasa (13/2).

Dwi Wahyuni mengatakan komoditas unggulannya seperti cabai, melon, pisang, tebu, tembakau dan sapi potong.

“Untuk Kaliori telah disepakati menjadi kawasan agropolitan KSB, Kaliori, Sulang, Bulu. Dengan komoditas. cabai, melon, pisang, tebu, tembakau dan sapi potong,” ujarnya.

Dwi Wahyuni menambahkan selain membentuk KSB, Pemkab Rembang juga membentuk kawasan Kragan Sarang Sedan (KSS), dan Sale Pamotan Gunem.

Sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi telah disepakati bersama khususnya di dalam pertanian dan perikanan arahnya adalah pengembangan agribisnis dan peningkatan produktifitas pertanian, peningkatan infrastruktur modernisasi pertanian, peningkatan perikanan budidaya secara intensif, pengembangan pola nafkah ganda bagi nelayan kecil dan peningkatan pelayanan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) secara terpadu.

Sementara itu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Rembang Daerah Pemilihan Kaliori-Sumber – Henry Purwoko mengusulkan agar pembentukan kawasan KSB tidak hanya di bidang agropolitan pertanian saja namun industri garam. Karena petani di pesisir Kecamatan Kaliori, banyak yang memproduksi garam.

“Dibentuknya kawasan intinya nanti lebih cenderung di agronya. Tetapi saya mohon jangan hanya agronya saja. Ada yang terlewat soal garamnya. Harus ada arah yang jelas. Agar ketika petani garam ini panen, harga tidak jatuh,” ungkapnya.

Dalam kegiatan musrenbangcam menghadirkan kepala desa, ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), ketua tim penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan tokoh masyarakat dari 23 desa di wilayah kecamatan Kaliori.

Exit mobile version