Pemerintah Kabupaten Rembang

Kampung KB Abadi Tegaldowo Terbaik ke 3 Tingkat Jateng

Pada tanggal 10 April 2023 kemarin, Tim penilai evaluasi Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah melakukan verifikasi lapangan ke Desa Tegaldowo Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang. Selain Rembang mereka juga menilai langsung lima   dari 35 kabupaten / kota di Jawa Tengah.

Setelah beberapa minggu berlalu kini ada kabar baik tentang lomba tersebut. Perwakilan dari Rembang ternyata menempati urutan ke 3 dari 6 kabupaten / Kota yang lolos.

Juara 1 adalah Kampung KB Kokolaka Kelurahan Jatirejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, Juara 2 Kampung KB Pelangi Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo. Sedangkan Juara Harapan 1 Kampung KB Soesera Kasih Kelurahan Sondakan Kota Surakarta, juara harapan 2 Kampung KB Citra Lestari Kelurahan Padukuhan Kraton Kota Pekalongan dan disusul harapan 3 Kampung KB Serasi Desa Sidasari Kabupaten Cilacap.

Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB), Prapto Raharjo, Kamis (27/4/2023) mengungkapkan target minimal waktu Rembang lolos penilaian evaluasi provinsi juara 3. Pasalnya ada Kota Semarang dan Surakarta yang juga bagus.

Prapto mengungkapkan dari informasi yang diterimanya, ada beberapa hal yang mengangkat nilai Kampung KB Abadi Tegaldowo. Salah satunya yakni kekompakan para kader.

“Menurut tim penilai yang bagus itu beberapa diantaranya karena kekompakan dari para kadernya. Kemudian kegiatan- kegiatan kelompok kegiatannya juga berjalan dengan bagus, ” tuturnya.

Dari paparan Ketua Kelompok Kerja Kampung KB, Dwi Joko Supriyanto , diungkapkan prestasi dari Tegaldowo juga sudah menorehkan sejumlah prestasi. Baik prestasi di tingkat provinsi Jateng maupun nasional.

Sejumlah poin yang dievaluasi diantaranya kelompok kegiatan, sumber daya pendukung seperti keterlibatan dunia usaha dan kebijakan dari pemerintah kabupaten terhadap perkembangan kampung KB dan progres kampung KB itu sendiri.

Penghargaan yang telah diterima warga Desa Tegaldowo meliputi juara 1 Lomba Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2020, dinobatkan sebagai Desa Mandiri oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun 2023, pelaksana terbaik kesatuan gerak PKK Provinsi Jawa Tengah tahun 2020 dan pelaksana terbaik SDGs tingkat nasional.

Lebih lanjut, Plt Kadinsos PPKB yang juga menjabat sebagai Kepala Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Rembang itu menyebut tim penilai tertarik dengan kegiatan hatinya Tim penggerak PKK di Tegaldowo. Program hatinya PKK berupa Kebun sayur dan buah- buah.

” Kebun sayur dan buah dari program hatinya PKK di Tegaldowo ini memiliki area sendiri. Sayur dan buah di sana tumbuh dengan baik.”

Dengan keberhasilan Tegaldowo, Dia berharap dapat menginspirasi yang lainnya untuk memajukan Kampung KB. Dan ucapan terimakasih disampaikannya kepada semua pihak yang telah mendukung Kampung KB Abadi selama ini.(Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version