Pemerintah Kabupaten Rembang

Karnaval Kebangsaan Gelorakan Kembali Pancasila

Karnaval HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Kabupaten Rembang melebihi ekspektasi. Bagaimana tidak peserta yang diperkirakan berjumlah  50 an ternyata sampai 70 lebih.

Antusias peserta cukup tinggi, berbagai kostum ditampilkan mereka mulai dari visualisasi Pancasila, pakaian adat, pemuka agama sampai batik karnival. Hiburan pamungkas yang sengaja didatangkan oleh Pemkab Rembang untuk masyarakat yaitu aksi dari Marching Band Gema Perwira Samudera dari Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang.

Sekda Rembang selaku ketua panitia, Subakti mengungkapkan tema karnaval kali ini adalah parade kebangsaan. Dengan harapan, semua peserta dan masyarakat bisa mentranformasikan jati diri bangsa.

“Setiap peserta kita wajibkan untuk memvisualisasikan lambing garuda pancasila beserta sila-sila yang ada di dadanya,” ujarnya

Sementara itu salah satu peserta dari SMK Yos Sudarso, Megaputri Hadi memakai kostum garuda emas yang terbuat dari janur. Tujuannya ingin menunjukkan bahwa generasi muda harus mengerti makna pancasila .

“Pakai kostum garuda emas . Pesannya ini kita sebagai generasi muda harus mempelajari dan menjiwai makna yang terkandung dalam pancasila untuk diterapkan di kehidupan kita sehari- hari.

Dari pantauan di lapangan sejak start di depan stadion Krida sampai finish di alun- alun Rembang masyarakat setia menonton dari pagi sampai menjelang sore, termasuk Bule asal Jerman, Hubert. Sedangkan Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz dan Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto berkali- kali menerima buket bunga dan berbagai buah tangan dari peserta.

Exit mobile version