Pemerintah Kabupaten Rembang

Kayis Pelajar Asal Rembang Masuk Paskibraka Provinsi Jateng

Satu pelajar di Kabupaten Rembang lolos menjadi bagian Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Jawa Tengah. Dia bernama Kayis Hilmi Farih , siswa SMAN 1 Rembang.

Remaja Desa Magersari telah mengikuti seleksi calon Paskibraka Provinsi Jateng pada Maret kemarin.

Ia berhasil mengalahkan 200-an pendaftar, hingga dikirim ke Semarang untuk menjadi salah satu paskibraka pada peringatan hari ulang tahun ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia.

Siswa yang hobi bermain basket tersebut tengah mengikuti pemusatan latihan di Semarang.

Kayis mengaku tidak menyangka bakal terpilih sebagai salah satu pasukan pengibar bendera merah putih saat peringatan hari kemerdekaan pada 17 Agustus nanti di Semarang. Hal itu seperti mimpi yang menjadi nyata, karena menjadi Paskibraka merupakan cita-citanya sejak lama.

“Saya tidak menyangka , seneng aja karena itu cita-cita saya sejak lama,” ungkapnya.

Ia mengaku rutin melatih fisik, termasuk mengikuti ekstra kurikuler PBB di SMA Negeri 1 Rembang. Selain itu bisa berbahasa Inggris dan terus belajar wawasan kebangsaan.

Sejumlah prestasi juga ditorehkan Kayis, diantaranya juara 3 lomba film pendek yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, juara 1 basket Popda SMP.

Kabid Pemuda dan Olahraga Hariyanto menuturkan seleksi Paskibrakan Provinsi Jateng dilakukan pada bulan maret kemarin.

“Tiap tahun kita kirim perwakilan, sebenarnya kemarin Kayis masuk 5 besar, kalau 2 besar ke tingkat nasional. Kayis bagus terbukti terpilih, kemarin dua orang ada juga perempuan tapi yang terpilih Kayis saja, ” tandasnya.

Hariyanto membenarkan sejumlah kriteria yang harus dimiliki untuk lolos Paskibraka Provinsi harus memiliki tinggi minimal 175 cm, punya kemampuan bahasa inggris, pengetahuan dan wawasan kebangsaan yang bagus. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version