Pemerintah Kabupaten Rembang

Kementerian Kelautan dan Perikanan Akan Bangun Desa Pasar Banggi Jadi Kampung Nelayan Modern

Kementerian Kelautan dan Perikanan tengah mempersiapkan pembangunan Kampung Nelayan Modern atau Kalamo di Desa Pasarbanggi, Kabupaten Rembang. Rencana ini akan mengubah desa tersebut menjadi pelabuhan terintegrasi yang memadukan kebutuhan modern dengan lingkungan tradisional.

Menteri Sakti Wahyu Trenggono bersama Bupati Abdul Hafidz mengumumkan rencana tersebut saat kunjungan kerja di Rembang, pada Sabtu, 30 Maret 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau langsung kondisi nelayan di Pasar Banggi, sebuah kabupaten dengan pantai sepanjang 64 kilometer.

Menurut Menteri Trenggono, pembangunan kampung nelayan modern ini akan dilakukan secara tematik dan disesuaikan dengan kebutuhan serta lingkungan masyarakat di Desa Pasarbanggi.

“Kalamo akan dibangun sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masyarakat di sini. Kami juga berencana untuk membangun pelabuhan terintegrasi di masa depan,” kata Menteri Sakti.

Dia berharap pembangunan Kalamo Pasarbanggi dan infrastruktur pendukungnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, serta memastikan ikan segar hasil tangkapan nelayan dapat dijual dan dipasarkan dengan baik di sentra kuliner yang sudah ada, sehingga kualitasnya tetap terjaga.

Plt. Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Tb. Haeru Rahayu, menambahkan bahwa fasilitas yang akan dibangun di Kalamo Pasarbanggi meliputi sentra pengolahan, sentra kuliner, bale nelayan, kios perbekalan, bengkel, docking, shelter pendaratan ikan, pabrik es dan cold storage.

Tb Haeru Rahayu menekankan pentingnya penggunaan dan pemeliharaan fasilitas-fasilitas ini oleh nelayan dan masyarakat setempat agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal.

Selama kunjungannya, Menteri Sakti Wahyu Trenggono juga memberikan bantuan kepada perwakilan nelayan Desa Pasarbanggi berupa 50 unit Bubu Rajungan dan 100 unit Jaring Insang.

Diharapkan, pembangunan Kampung Nelayan Modern di Desa Pasarbanggi, Kabupaten Rembang, akan memberikan dampak positif yang besar bagi perekonomian nelayan serta meningkatkan produktivitas dan kemandirian masyarakat pesisir. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version