Pemerintah Kabupaten Rembang

Komitmen Ciptakan Kota Layak Anak, Pemkab Rembang Diganjar Penghargaan KLA Kategori Nindya

Kabupaten Rembang kembali berhasil meraih penghargaan kota layak anak (KLA) kategori Nindya.  Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga kepada Bupati Rembang Abdul Hafidz di Hotel Padma Kota Semarang, Sabtu (22/7) malam.

Penghargaan yang diraih pemkab Rembang  tersebut sekaligus menjadi kado terindah pada momentum hari jadi ke-282 Kabupaten Rembang, serta peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) , Prapto Raharjo menjelaskan ada 24 indikator penilaian Kementrian PPPA. Diantaranya klaster 1 tentang hak sipil,  kebebasam, klaster 2 yaitu lingkungan, keluarga dan pengasuhan alternatif.

“Kemudian klaster 3 kesehatan dasar dan kesejahteraan, klaster 4 itu pendidikan pemanfaatan waktu luang dan budaya, klaster 5 perlindungan. Dari sekian indikator itu kita sudah memenuhi, ” terangnya.

Prapto menambahkan Pemkab Rembang terus berupaya meningkatkan kepedulian terhadap anak , hal itu tentunya dapat memberi peluang juga mendapatkan penghargaan KLA tingkat utama. Beberapa aspek yang belum dimemenuhi untuk KLA tingkat utama yakni sarana prasana seperti ruang bermain dan terbuka hijau untuk anak- anak  dan Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak.

“Untuk Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak kita baru berproses ke sana. Perkiraan bulan depan ada asistensi dari provinsi tentang itu.”

Perolehan penghargaan itu ditegaskannya bukan hanya karena peran Dinsos PPKB saja. Kerjasama dan komitmen dengan berbagai pihak terkait menurutnya menjadi kunci Rembang terus mendapatkan penghargaan KLA.

Penghargaan KLA terbagi menjadi empat tingkatan mulai dari tingkat Pratama, Madya, Nindya dan Utama. Kabupaten Rembang pada tahun ini, menjadi salah satu dari 66 kabupaten / kota yang meraih predikat tersebut.

Sebelumnya Rembang meraih lagi penghargaan KLA  kategori Nindya dari tahun 2019, 2021, 2022 dan 2023 ini. Sedangkan penghargaan KLA tingkat madya masing- masing pada tahun 2012, 2013, 2015, 2017 dan 2018.  (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version