Pemerintah Kabupaten Rembang

Lewat Pantura Lasem, Jangan Lupa Beli Ikan Asin

Siapa yang pernah melewati jalur pantura kabupaten Rembang khususnya di wilayah desa Bonang dan Binangun Kecamatan Lasem. Berada di tepi pantai tentunya pengendara bisa melihat view pantai, kapal- kapal nelayan yang bersandar dan kios- kios yang berjajar menjual ikan- ikan asin yang sudah dikeringkan.

Ikan asin ini merupakan salah satu oleh- oleh khas Kabupaten Rembang. Kios-kios disana buka 24 jam, sehingga pengendara bisa mampir kapan saja.

Salah satu pemilik kios di sana, Darmiatun, Kamis (30/6/2020) saat ditemui dikiosnya mengatakan jenis ikan asin yang bisa dibeli disana, seperti cumi, pedak, jambal roti , kakap dan gabus. Sedangkan untuk ikan tawar diantaranya bilis, layur dan teri.

Selain ikan tawar dan asin, ada juga produk kerupuk, seperti kerupuk ikan, kerupuk cumi, kerupuk udang, krupuk rajungan dan ada juga terasi.

Soal harga sangat terjangkau, Darmiatun menyebut rata- rata dijual Rp. 5000 dan Rp. 10 ribu, diantaranya bilis, gabus, tiga waja.Tapi ada juga yang paling mahal dijual hingga Rp. 300 ribuan yaitu ikan asin Jambal Roti.

“Paling sering dicari jambal roti, kiloannya hampir sama dengan daging sapi, ” ungkapnya.

Sebagian produk ikan yang dijual di kiosnya merupakan produksi dari warga sekitar. Yuk mampir dan beli ikan asin. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version