Pemerintah Kabupaten Rembang

Liburan Panjang, Wisatawan Di Rembang Meningkat Hingga 300  Persen,

Kunjungan wisata di Kabupaten Rembang sejak bulan Ramadhan sampai liburan panjang lebaran mengalami peningkatan tahun ini. Total pengunjung di berbagai obyek wisata Rembang meningkat  hingga 300 persen dengan total pengunjung  225.700 orang.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz saat membuka event syawalan di depan TRPK Kartini atau Dampo Awang Beach mengatakan anyaknya destinasi wisata yang mulai tumbuh di wilayah Kabupaten Rembang merupakan harapan baru bagi warga desa setempat. Bagaimana tidak dari pengembangan potensi wisata pertumbuhan ekonomi warga bisa meningkat.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz swayalan ini merupakan momentum yang sangat strategis  untuk mempromosikan keparwisataan dan budaya yang ada di kabupaten Rembang. Tentunya semua itu harus dibarengi dengan inovasi.

“Harus ada pembinaan dari dinas pariwisata, jangan tidak saling mematikan antara obyek wisata yang satu dengan yang lain. Ini yang tidak kami harapkan,” tuturnya.

Terkait syawalan  pihaknya berharap Taman Kartini bisa bersaing dengan obyek wisata yang lain dan berani tampil beda. Pasalnya Taman Kartini merupakan satu-satunya obyek wisata yang memberikan kontribusi langsung kepada Daerah sekitar Rp. 1 milyar.

Selain itu Bupati juga menyinggung bahwa semua obyek wisata di Rembang harus bisa dilakukan pengembangan. Desa juga diharapkan tidak memiliki ego tinggi, pasalnya selama ini desa masih enggan ketika ada tawaran dari pihak lain untuk kerjasama dalam pengelolaan pariwisata, mereka khawatir potensi tersebut akan diambil alih oleh pihak lain.

“Pemkab tidak akan melakukan itu ( mengambil alih potensi wisata di desa ). Tapi bagaimana wisata itu bisa bertahan panjang tidak hanya satu sampai tiga tahun saja. Karena dari segi penambahan fasilitas jika ditangani desa cenderung lambat, hal itu bahaya ketika rasa bosan orang lebih cepat maka obyek wisata tersebut akan ditinggalkan,” terangnya.

Kecepatan untuk berinovasi  di suatu obyek wisata sangat dibutuhkan untuk menjawab kejenuhan wisatawan.  Dari lonjakan pengunjung yang terjadi menunjukkan wisata di Rembang saat ini menjadi primadona dan dicintai, untuk itu harus dimanfaatkan.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang, Dwi Purwanto menyebutkan Pantai Karangjahe menjadi destinasi wisata yang paling diminati wisatawan. Dari laporannya kurang lebih 100 ribu orang berkunjung ke pantai yang ada di desa Punjulharjo itu.

Setelah itu Dampo Awang Beach atau Taman Rekreasi Pantai Kartini menduduki peringkat kedua dengan 50 ribu pengunjung disusul pantai Caruban 20 ribu wisatawan, hutan mangrove Pasar Banggi 10 ribu ,pantai Nyamplung Indah 6 ribu orang, pantai Balongan Kragan 6 ribu pengunjung, pantai Benowo Wates 5 ribu. Sedangkan Watu Congol 5ribu pengunjung, , wisata Kajar Lasem dengan 3500 pengunjung, wisata waduk Panohan dikunjungi 3200 orang, Makam RA Kartini 3ribu pengunjung, Wana Wisata Mantingan 2500 pengunjung, pantai Dasun 1500 pengunjung , Museum RA Kartini 1000.

Exit mobile version