Pemerintah Kabupaten Rembang

Linmas Ujung Tombak Deteksi Dini Permasalahan


Ratusan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) se Kecamatan Sulang mengikuti apel kesiapsiagaan yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang di halaman kecamatan setempat, Selasa (26/3/2019). Apel dilakukan sebagai persiapan menghadapi pemilihan umum (pemilu) serentak 17 April mendatang.

Apel yang bertajuk “Merawat Indonesia menjaga kebhinekaan, pemilu aman, damai dan sejuk” itu dipimpin langsung Bupati Rembang H. Abdul Hafidz dan diikuti lebih dari 240 personil Linmas dari 21 Desa di Kecamatan Sulang serta dari Polri-TNI.

Bupati saat memberikan amanat menyampaikan, Linmas harus bekerja dengan baik untuk pengamanan di setiap wilayah yang  mereka tempati di TPS-TPS. Karena Linmas menjadi ujung tombak dalam mendeteksi dini terhadap permasalahan yang ada di wilayah desa masing-masing untuk diinformasikan kepada TNI dan Polri.

Linmas diminta untuk tidak mengeksekusi permasalahan yang timbul, karena tugas linmas sifatnya hanya membantu aparat keamanan yang bertugas. Sinergi antara linmas dengan TNI-Polri sangatlah penting untuk membantu tugas-tugas mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban saat proses pemilu berlangsung.

“Linmas untuk bisa menjaga dilingkungan TPS sejak dilakukan pemungutan hingga selesainya penghitungan suara. Saya yakin linmas mampu  untuk menjaga ketertiban dan keamanan serta memberikan kenyamanan terhadap masyarakat,” himbau Bupati.

Bupati berpesan kepada semua anggota Linmas untuk bisa mengantisipasi adanya berita bohong (hoax) saat proses pemilu berlangsung. Utamanya pada media sosial yang harus dicari kejelasan sumber beritanya.

“Jadi kalo ada yang ingin mengacaukan dilingkungan panjenengan segera saja, baik itu secara langsung maupun melalui media sosial untuk segera diinformasikan. Agar permasalahan yang timbul ini bisa kita deteksi sejak dini,” tandasnya.

Usai mengikuti apel, para anggota Linmas juga mendapatkan pelatihan mengenai tugas-tugas yang akan mereka emban selama di desa bertempat di aula Kecamatan Sulang. Sehingga keberadaan Linmas kedepan benar-benar berfungsi dan berperan dalam menciptakan keamanan dan perlindungan kepada masyarakat.

Exit mobile version