Pemerintah Kabupaten Rembang

Mahasiswa KKN Undip di Desa Lodan Wetan Kembangkan Pupuk Cair dari Limbah Kotoran Hewan

Mahasiswa KKN Undip Tim II yang ditempatkan di Desa Lodan Wetan, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang mengembangkan pupuk cair dari limbah kotoran hewan. Koordinator program ini yaitu, Marisatul mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian menjelaskan bahwa ide ini didasari bahwa terdapat beberapa usaha ternak di Desa Lodan  Wetan, Kecamatan Sarang, di antaranya kambing dan sapi.

Namun dari hasil pengamatannya para peternak belum mengelola kotoran yang dihasilkan dengan baik dan hanya dibiarkan menumpuk. Jika tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan polusi dan gangguan kesehatan lingkungan pada masyarakat sekitar. Berdasarkan kondisi tersebut maka mahasiswa membuat program terobosan berupa pemanfaatan limbah peternakan (kotoran dan urine) menjadi produk yang bernilai ekonomi dan peduli lingkungan.

Sebagai solusi dari permasalahan itu, mahasiswa memberikan pelatihan kepada para peternak untuk melakukan pembuatan pupuk cair yang berasal dari kotoran maupun urine ternak. Dalam pelatihan tersebut petani diajarkan bagaimana cara menampung urine dan kotoran,  cara pembuatan pupuk cair, cara pengemasan, dan perhitungan nilai jual produk. Tingginya antusiasme peternak dalam mengikuti kegiatan ini terlihat dari banyaknya peternak yang hadir mengikuti pelatihan.

Pupuk Cair yang diberi nama PUCALOWE (Pupuk Cair Lodan Wetan) ini diharapkan mampu mengurangi limbah kotoran yang ada di Desa Lodan Wetan dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat agar terlepas dari Zona Merah Kemiskinan.

Exit mobile version