Pemerintah Kabupaten Rembang

Mahasiswa KKN Undip Peduli Kesehatan Lansia di Desa Lodan Wetan

Mahasiswa KKN Undip Tim II yang ditempatkan di Desa Lodan Wetan, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang  menyelenggarakan kegiatan Posyandu Lansia yang dilaksanakan di Balai Desa Lodan Wetan, Kecamatan Sarang. Ide kegiatan ini muncul karena tingginya tingkat masalah kesehatan yang dialami oleh warga lansia di Desa Lodan Wetan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bidan desa, Kader PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), serta warga Desa Lodan Wetan yang turut berpartisipasi sebagai peserta. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB yang diawali dengan edukasi kesehatan lansia, senam sehat lansia, dan pemeriksaan kesehatan yang di lakukan oleh Bidan desa dan mahasiswa Fakultas Kedokteran KKN TIM II Universitas Diponegoro.

Edukasi terkait kesehatan lansia dipaparkan khususnya penyakit tekanan darah yang tinggi (Hipertensi), dilakukan edukasi mengenai penyebab hipertensi dan makanan yang perlu dihindari atau dikurangi. Pemeriksaan kesehatan ini berguna untuk memantau kesehatan lansia serta sebagai tindakan preventif untuk mencegah terjadinya penyakit khususnya penyakit degeneratif.

Selanjutnya dilakukan senam sehat lansia bermanfaat dalam menyehatkan jantung, otot, dan tulang, mencegah obesitas, mengurangi kecemasan dan depresi, serta membuat lansia lebih mandiri. Senam diiringi oleh musik yang berlangsung selama kurang lebih 15 menit. Peserta terlihat sangat bersemangat, antusias dan merasa lebih segar.

Kegiatan terakhir yaitu, melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan oleh Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro dibantu oleh Bidan Desa. Pemeriksaan kesehatan pada usia dewasa dan lansia meliputi pengukuran tinggi dan berat badan, pemeriksaan tekanan darah, dan pemeriksaan gula darah.

Seluruh kegiatan posyandu lansia diikuti dari warga usia dewasa dan lansia, dan berakhir pada pukul 11.00 WIB. Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan secara rutin di Desa Lodan Wetan demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya lansia.

Exit mobile version