Pemerintah Kabupaten Rembang

Masjid Bisa Jadi Sumber Keberkahan Suatu Daerah

Masjid sebagai Baitullah, atau rumah Allah, merupakan inti dari pergerakan Islam dan salah satu unsur penting dalam struktur masyarakat Islam. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid digunakan umat Islam untuk berbagai keperluan diantaranya sebagai pusat pemerintahan, pendidikan, sosial dan ekonomi.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Rembang H. Abdul Hafidz seusai sholat tarawih di Masjid Al Hidayah Desa Sumberejo Kecamatan Pamotan dalam kegiatan Safari Ramadhan dan Tarawih Keliling (Tarling), Kamis (29/5/2019) malam.

Bupati Hafidz melanjutkan pada masa awal perkembangan Islam, bangunan yang pertama kali didirikan oleh Rasullah saat hijrah ke Madinah adalah Masjid. Dengan adanya masjid perekonomian yang ada di Madinah diwaktu itu ikut meningkat.

Oleh karena itu Bupati meyakini jika suatu daerah memiliki bangunan Masjid maka perekonomian daerah itu pasti akan meningkat. Melihat banyak hal yang bisa direalisasikan melalui masjid untuk tujuan kemaslahatan umat secara luas.

“Ketika Masjid sampun megah seperti ini kulo yakin perekonomiane wong Gayam (Sumberejo) InsyaAllah maju. Karena ini sudah terbukti, disamping itu iman dan taqwa yang baik pasti akan diturunkan berkah dari langit  dan berkah dari bumi akan dimunculkan Allah SWT,” ujar Bupati.

Bupati juga menyampaikan baik dan buruknya perbuatan manusia akan dinilai pada akhir kehidupan yang dijalaninya oleh Allah SWT. Oleh sebab itu Bupati memberikan apresiasi kepada warga Sumberejo yang telah berhasil meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk mereka yaitu bekerja sebagai pencari kodok.

“Allah SWT niku ngukur apik eleke menungso pada akhir bukan pada awal maupun tengah. Jangan anggap bahwa wong elek di awal kemudian diakhir elek, tidak. Ukurane wong apik elek niku ting akhir kehidupan, mulane kulo maturnuwun wong Gayam sak niki sae-sae sanget,” pungkasnya.

Sebelum memasuki rangkaian acara tarling,  Bupati Hafidz secara langsung meresmikan bangunan Masjid Al Hidayah yang baru selesai dibangun pada tahun ini dengan menandatangani prasasti Masjid. Pada acara peresmian itu juga dilakukan pelantikan sejumlah Takmir Masjid di halaman setempat.

Exit mobile version