Pemerintah Kabupaten Rembang

Mbah Joget Juara Festival Tong-Tong Klek 2023

Mbah Joget grup tong-tong klek dari Desa Sendangasri Kecamatan Lasem keluar sebagai juara pertama Festival Tong-Tong Klek tingkat kabupaten Rembang tahun 2023. Mereka tampil memukau di hadapan puluhan ribu penonton yang memadati alun-alun Rembang dan yang dari rumah dari streaming youtube Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar), Minggu malam (16/4/2023)

Mbah Joget berhasil menjadi yang terbaik setelah mengumpulkan nilai 1.530. Kemudian disusul New Ganendra dari Desa Gegunung Kulon Kecamatan Rembang sebagai juara kedua dengan nilai 1.500, di posisi juara ketiga Sagalang grup dari Desa Kabongan Kidul Kecamatan Rembang.

Juara harapan 1 grup bernama Cah Mboleong perwakilan Kecamatan Sulang, nilainya 1.270. Juara Harapan 2 grup Regent perwakilan kecamatan Sarang dengan nilai 1.125 dan juara harapan 3 Gondorase grup dari Kecamatan Kaliori yang berhasil mendapat nilai 1.100.

Pemilik sanggar Mbah Joget , Toyo tak menyangka bisa menjadi juara, karena menurutnya peserta yang lain juga tampil bagus.

Juara tersebut menjadi jawaban atas kerja keras seluruh anak- anak sanggar Mbah Joget.

“Latihannya 2 minggu alhamdulillah,  membawakan lagu ayo sahur dan sluku – sluku bathok. Tema kita nusantara kita kemarin, ” ungkapnya.

Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro’ saat memberikan sambutan di festival tong- tong klek

Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro’ mengatakan bahwa festival tong- tong klek ini bertujuan untuk melestarikan tradisi dan memberikan hiburan kepada masyarakat.

“Memberikan hiburan kepada masyarakat kabupaten Rembang, hiburan yang baik tentunya dan memberikan manfaat untuk kita semua. Termasuk bagi penjual dan pelaku UMKM insyaAllah semua  dagangannya ludes, ” ungkapnya.

Terkait hadiah , ada tambahan dari Bupati Rembang H.Abdul Hafidz sebagai wujud apresiasi bagi para peserta yang antusias telah mengikuti festival ini. Bagi juara 1 menerima Rp 3,5 juta, juara 2 Rp. 2,5 juta, juara 3 Rp.1,5 juta juara harapan 1 sampai harapan 3 sama- sama mendapatkan hadiah Rp. 1,5 juta. Sedangkan bagi mereka yang belum berhasil menjadi juara, mendapatkan uang pembinaan. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version