Pemerintah Kabupaten Rembang

OJK Dirikan Bank Wakaf Mikro di Rembang

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso meresmikan Bank Wakaf Mikro atau BWM Bangkit Nusantara di Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin, Rembang Jawa Tengah, Kamis (9/1). Peresmian juga dihadiri KH, Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Rembang.

Wimboh menyebutkan hingga akhir tahun 2019 telah berdiri sebanyak 56 Bank Wakaf Mikro (BWM) di seluruh Indonesia. Berdirinya BWM hingga saat ini memiliki kumulatif penerima manfaat sebanyak   25.631 nasabah dan total pembiayaan Rp33,92 miliar.

OJK yang diamanatkan sebagai pengawas sektor jasa keuangan, keberadaannya harus juga memberikan manfaat bagi masyarakat melalui penyediaan akses keuangan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat.Skema dalam Bank Wakaf Mikro dirancang sesuai kebutuhan dan kemampuan masyarakat kecil, bukan untuk tumbuh menjadi besar menyaingi lembaga keuangan formal lainnya.

Pembiayaan diberikan tanpa bunga, hanya membayar biaya administrasi sebesar 3% per tahun dan nasabah tidak perlu memberikan agunan/ijin usaha, cukup hanya membawa KK/ KTP serta mengikuti Pelatihan Wajib Kelompok (PWK) selama lima hari berturut – turut.

“Masyarakat yang selama ini punya kegiatan ekonomi yang informal skala kecil kan susah kalau cari pinjaman formal ke Bank atau lembaga formal lainnya. Melalui Bank Wakaf Mikro ini masyarakat bisa terfasilitasi soal pembiayaannya, disamping itu bank wakaf mikro juga akan melakukan pembinaan, sehingga peminjam ini akan dibentuk perkelompok dengan anggota 20 orang,” terangnya.

Program BWM merupakan sinergi atau kerja sama antara OJK, para donatur, LAZNAS, dan tokoh masyarakat setempat, pimpinan Pondok Pesantren atau lembaga pendidikan tradisional. Program BWM juga merupakan sarana bagi Pondok Pesantren mengoptimalkan peran dalam dakwah ekonomi dengan menyediakan pendampingan usaha bagi masyarakat kecil di sekitar Pondok Pesantren.

Sementara itu, Bupati Rembang H. Abdul Hafidz pada kesempatan itu menyambut baik dengan diresmikannya Bank Wakaf Mikro di Rembang. Bupati mengakui pertumbuhan ekonomi di Rembang saat ini belum merata. Pasalnya pinjaman yang diberikan oleh bank belum menjamah sampai ke masyarakat kecil.

Dengan adanya BWM di Rembang ini ia berharap dapat membantu pertumbuhan perekonomian yang lebih baik dan merata. Apalagi adanya BWM ini diperuntukan untuk menyasar rakyat kecil yang ingin memulai usaha.

“Atas nama pemerintah kabupaten Rembang tentu mengapresiasi dan menyambut baik, mudah-mudahan ini dapat menumbuhkan perekonomian di Kabupaten Rembang secara merata. Kita sadar bahwa kondisi perekonomian di Rembang ini belum merata karena masyarakat-masyarakat kecil ini belum terjamah secara menyeluruh untuk mengakses pinjaman dari perbankan. Alhamdulillah dengan adanya BWM ini kami harapkan dapat memberikan layanan sesaui dengan yang kita harapkan,” pungkasnya.

Exit mobile version