Pemerintah Kabupaten Rembang

Pembelajaran Aktif Dan Menyenangkan Penting Bagi Balita

Puncak acara peringatan HUT Himpunan Tenaga Pendidik dan Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) ke-14 tingkat Kabupaten Rembang, dilaksanakan di alun-alun kota Rembang, Senin (16/9/2019). Selain perayaan, dalam acara yang diikuti kurang lebih 1300 guru PAUD dan pengurus Himpaudi se-Kabupaten Rembang tersebut juga  dilakukan pemberian santunan kepada 14 anak yatim perwakilan dari 14 Kecamatan oleh Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Sosial.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz dalam kesempatan itu mengatakan, diusia yang ke-14 ini diharapkan Himpaudi bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan pendidikan usia dini di Indonesia. Dalam kemajuan tersebut pemerintah pun hadir untuk memberikan fasilitas pendukung salah satunya yang saat ini diupayakan Pemkab adalah pemberian leptop gratis di setiap Kecamatan.

Pendidik PAUD yang tergabung dalam Himpaudi merupakan salah satu bagian penting dalam membentuk karakter anak usia dini dan mengajarkan tentang kejujuran. Tanggungjawab pendidik PAUD sangatlah luar biasa, meskipun pendidik utama adalah orang tua.

Dalam perjalanannya diusia ke-14 ini masih terdapat banyak tugas yang perlu diselesaikan bersama terutama dalam memberikan pendidikan dan keterampilan kepada anak usia dini. Guru PAUD wajib membekali anak-anak Usia Dini dengan berbagai keterampilan, pengetahuan yang mampu secara baik dan bijaksana mendidik putra putri kita yang masih sangat belia dalam tumbuh kembangnya. Pendidikan Anak Usia Dini, harus diwujudkan dalam bentuk proses pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, energik dan menyenangkan.

“Anak-anak di generasi kita ini nanti punya karakter yang bisa membangun untuk kepentingan bangsa disamping untuk membangun kepentingan pribadinya. Oleh karena itu saya titip tidak usah dikasih pelajaran yang berat-berat, pokoknya diajak senang-senang,” kata Bupati Hafidz.

Sementara itu Ketua HIMPAUDI Rembang, Fenti Yusnia Alfasanah mengatakan HUT Himpaudi kali ini mengambil tema gemar makan ikan dan cinta laut untuk cegah stunting dan membangun NKRI. Oleh sebab itu dirinya pada kesempatan acara puncak perayaan HUT Himpaudi ini, dihadapan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan) Kabupaten Rembang  berharap kedepan dapat bekerjasama untuk mensukseskan program tersebut.

“Makanya disini ada Bapak dari Dinas Kelautan siapa tau kita bisa bekerjasama dalam mensukseskan program sehingga tidak terlalu banyak anak yang stanting. Kenapa ikan, karena proteinnya tinggi dan yang sudah dewasa pun membutuhkan itu. Kalau gurunya pintar, anaknya pintar semakin profesional,” tutur Ketua HIMPAUDI Rembang.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan piala dalam lomba gebyar HUT HIMPAUDI yang telah digelar sebelumnya oleh Bupati Rembang H. Abdul Hafidz dan Wakil Bupati Rembang H. Bayu Andriyanto. Uang pembinaan tambahan kurang lebih Rp. 5 juta pun diberikan secara khusus oleh Bupati Hafidz kepada juara umum lomba yang diselenggarakan pada tanggal 6 – 7 September 2019 lalu oleh Himpaudi Kabupaten Rembang di Sanggar Budaya Komplek Museum Kartini.

 

Exit mobile version